Partisipasi Kadin Bali Tanggulangi Wabah Covid 19, Serahkan Bantuan ke RS Unud

Penyerahan bantuan Tim Partisipasi Penanggulangan Covid 19 Kadin Bali ke RS Unud. 

 

Bacaan Lainnya

BADUNG | patrolipost.com – Sebagai tindak lanjut dan partisipasi pengusaha yang bernaung di bawah Kadin Bali, kali ini kembali ikut bahu membahu membantu penanganan Covid-19. Salah satunya yaitu aksi bertajuk “Kadin Bali Peduli, Sing Main-Main Lawan Covid-19”. Jajaran pengurus Kadin Bali memberikan bantuan 500 APD (Alat Pelindung Diri), 250 pcs masker, logistik, nutrisi seperti susu dan lainnya ke Rumah Sakit Universitas Udayana (RS Unud), Kamis (9/4/2020). Bantuan dari Kadin Bali diserahkan langsung oleh Putu Parwata Kantiana selaku Koordinator Tim Partisipasi Penanggulangan Covid- 19 Kadin Bali didampingi jajaran pengurus. Bantuan diterima langsung Direkrut RS Udayana Dewa Putu Gede Purwa Samatra.

“Bantuan ini akan kami salurkan sebagai bentuk partisipasi kami bagi tenaga medis selaku garda terdepan dalam menangani pasien Covid 19 yang tengah mewabah,” kata Putu Parwata Kantiana.

Apa yang diupayakan Kadin Bali dikatakan Parwata searah dengan apa yang pernah disampaikan Gubernur Bali, I Wayan Koster, bagaimana Kadin bisa berperan dalam membantu pemerintah menanggulangi wabah Covid 19. Seperti diketahui tanggal 7 April 2020 lalu Gubernur Bali, I Wayan Koster telah menetapkan Rumah Sakit Universitas Udayana (RS Unud) menjadi Pusat Penanganan Covid-19.

Sebelumnya Tim Partisipasi Penanggulangan Covid-19 Kadin Bali juga telah melakukan ozonisasi membasmi kuman di dalam ruangan di RS Unud ini. Ozonisasi ini rencananya akan dilakukan berkelanjutan.

“Ozonisasi sudah dilakukan Senin lalu dengan 8 unit mesin ozon dan ruangan sudah digunakan terima pasien,” kata Parwata didampingi Wakil Ketua Umum (WKU) Kadin Bali Bidang Organisasi Putu Gede Wira Kusuma dan Anggota Kadin Bali Chartina Margana, seraya mengimbau teman-teman pengusaha melakukan uluran tangan ringan.

“Bantuan bisa juga dengan membuat masker kain lalu dibagikan pada masyarakat di jalan agar mereka terhindar dari Covid-19, bisa jaga keluarga, dan tidak sibukkan tenaga medis,” pungkas Parwata yang juga WKU Perdagangan Luar Negeri Kadin Bali ini.

Saat menerima Kehadiran Tim Partisipasi Penanggulangan Covid- 19 Kadin, Direkrut RS Udayana dr. Dewa Putu Gede Purwa Samatra, menyampaikan, RS Unud saat ini menyiagakan sekitar 100-an Tenaga medis (baik dokter maupun perawat). Dimana kebutuhan APD mencapai 500-an dalam seminggunya. Besarnya kebutuhan APD disebabkan usai digunakan merawat pasien, APD tersebut mesti dibuang, tidak bisa digunakan kembali.

“RS Unud juga sudah mulai menerima dan mengkonfirmasi pasien positif Covid-19. Pada Rabu (8/4/2020) ada 12 orang pasien positif Covid-19 yang teridentifikasi. Lalu hari ini, Kamis (9/4/2020) mendapat tambahan 5 orang pasien positif Covid-19,” jelasnya.

Dari tempat yang sama, Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Kesehatan dan Olahraga Kadin Bali dr. Gede Patra pada kesempatan ini menambahkan, sudah semestinya semua pihak ikut berpartisipasi menanggulangi dampak Covid-19 ini, khususnya dari dunia usaha atau pihak swasta Karenanya gerakan “Kadin Bali Peduli, Nyanyikan Main-Main Lawan Covid-19” ini adalah bentuk nyata kepedulian Kadin Bali sesuai arahan Gubernur Bali agar dunia usaha ikut bergabung.

“Jadi, kami di Kadin Bali berkoordinasi dengan RS Unud apa yang bisa didukung dari Kadin Bali,” kata pria yang juga konsultan rumah sakit dan Ketua Majelis Kode Etik Rumah Sakit (Makersi) Bali ini. (473)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.