Lanal Denpasar Gelar Latihan Evakuasi Pasien Positif Covid-19

Lanal Denpasar menggelar simulasi penanganan pasien virus Covid-19 di Pelabuhan Benoa, Kamis (9/4/2020).

DENPASAR | patrolipost.com – Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, menggelar simulasi dan latihan penanganan pasien positif virus Corona (Covid-19), sekaligus membentuk Tim Satgas Penanganan Covid-19. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini digelar di Mako Lanal Denpasar dan area Pelabuhan Benoa Bali.

Kegiatan simulasi dipimpin Dansatgas Penanganan Covid-19, Mayor Laut (PM) Bondan Kejawan, melibatkan unsur dari Balai Kesehatan (BK) Lanal Denpasar dan unsur laut, seperti Catamaran dan Sea Rider.

Bacaan Lainnya

Mewakili Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) M Bimo Sutopo, Dansatgas mengatakan bahwa kesiapan segala sektor dalam penanganan Covid-19 harus terus ditingkatkan. Termasuk latihan evakuasi pasien positif Covid-19 ini untuk mengukur kesiapan tim di lapangan.

“Tim Satgas Penanganan Covid-19 Lanal Denpasar diuji kesiapan dan kemampuannya dalam menangani pasien positif Covid-19 dari luar, khususnya dari laut (kapal) untuk dilakukan penanganan medis di fasilitas kesehatan yang ada di Bali. Evakuasi menggunakan  fasilitas alpung yaitu, Combat Boat, Catamaran, dan Sea Rider milik Lanal Denpasar,” ujar Mayor Bondan Kejawan, Kamis (9/4/2020).

Menurut Pasiopslat Satgas Penanganan Covid-19 Kapten Laut (P) Ketut Pastika dan Kepala BK Mako Lanal Denpasar Kapten Laut (K/W) I Gusti Ayu Meilani, diskenariokan, penerimaan pasien dari kapal langsung disemprot cairan disinfektan, lalu diberangkatkan melalui jalur laut menggunakan alpung menuju dermaga. Kemudian pasien tersebut diangkut menggunakan mobil ambulans dari BK Lanal Denpasar menuju rumah sakit terdekat di Bali sebagai tempat lokasi observasi.

Pelaksanaan simulasi latihan yang dilaksanakan oleh unsur Satgas Penanaganan Covid-19 Lanal Denpasar berjalan lancar, berkat dukungan dan partisipasi dari seluruh unsur yang terlibat dalam Satgas Penanganan Covid-19 Lanal Denpasar, yang bekerja dengan disiplin dan sungguh-sungguh sesuai yang diinstruksikan oleh Dansatgas. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.