Jokowi Umumkan 12 Wamen, Wakil Bali Nihil

JAKARTA | patrolipost.com – Presiden Joko Widodo mengumumkan 12 nama Wakil Menteri (Wamen) Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jumat (25/10) siang. Dari 12 nama, tidak ada wakil dari Bali. Justru wakil Papua muncul satu nama yakni John Wempi Wetipo mantan Bupati Jayawijaya yang juga politisi PDI-P sebagai Wamen PUPR.

Sebelum diumumkan, Presiden Joko Widodo memanggil 12 orang tokoh ke Istana Negara mulai Jumat (25/10) pagi. Sama dengan calon para menteri, ke-12 orang ini datang ke Istana mengenakan kemeja putih, kemudian menghadap Presiden Jokowi satu persatu.

Berikut profil dan pernyataan para Wamen tersebut setelah bertemu Jokowi:

1. Wahyu Sakti Trenggono Wahyu merupakan Bendahara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin saat Pilpres 2019.
Kepada wartawan, Wahyu mengaku diminta menjadi Wamen Pertahanan. Dia akan membantu Prabowo dalam mengembangkan industri pertahanan di Tanah Air.

2. Angela Tanoesoedibjo Angela merupakan politisi yang juga anak dari pengusaha sekaligus Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. Dia mengaku dipercaya membantu Wishnutama di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.
3. Budi Arie Setiadi Budi merupakan Ketua Umum Relawan Pro Jokowi atau Projo. Meski sudah mengaku kecewa karena Jokowi menunjuk Prabowo sebagai menhan, Budi tetap datang ke Istana. Usai bertemu Jokowi, Budi mengaku diminta menjadi Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
4. Zainut Tauhid Zainut merupakan politisi PPP yang juga menjadi Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia. Dia enggan memberi tahu pos kementerian apa yang akan ditempati. Kepada wartawan, Zainut hanya mengatakan siap meningkatkan pendidikan keagamaan, seperti madrasah dan pesantren.
5. John Wempi Wetipo Wempi merupakan mantan Bupati Jayawijaya yang juga politisi PDI-P. Putra asli Papua ini mengaku diminta jadi Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dia secara khusus diminta mempercepat pembangunan kawasan timur Indonesia.
6. Surya Tjandra Politisi PSI ini diminta menjadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional. Secara khusus, Surya diminta menangani konflik agraria dan regulasi yang tumpang tindih.
7. Jerry Sambuaga Politisi Partai Golkar ini mengaku diminta menjadi wakil menteri di bidang perdagangan. Ia berdiskusi dengan Presiden Jokowi tentang isu-isu perjanjian internasional dan perdagangan internasional.
8. Mahendra Siregar Mahendra saat ini menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat. Jokowi memberi Mahendra tugas khusus yang harus dituntaskan dalam waktu setahun. Tugas itu adalah meningkatkan kualitas promosi, investasi, perdagangan. Presiden juga meminta Mahendra untuk menjaga dan mengamankan keberlanjutan industri sawit Indonesia.
9. Alue Dohong Alue merupakan Deputi Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut. Dia diminta menjadi Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dia berdiskusi dengan Jokowi tentang rencana ibukota negara baru di Kalimantan Timur yang berkonsep smart, beautiful, dan sustainable city.
10. Suahasil Nazara Suahasil merupakan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan. Dia diminta membantu Sri Mulyani dengan menjadi Wakil Menteri Keuangan.
11. Budi Gunadi Sadikin Budi merupakan Direktur Utama PT Inalum. Dia diminta Presiden Jokowi membantu Erick Thohir dengan menjadi Wakil Menteri BUMN.
12. Kartika Wiryoatmojo Dia saat ini tercatat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri. Seperti Budi Gunadi, Presiden Jokowi memintanya untuk menjadi Wakil Menteri BUMN. (807)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.