Musim Kebakaran, Skill Petugas Damkar Dipertajam

GIANYAR | patrolipost.com – Musibah kebakaran hampir setiap hari terjadi di musim panas ekstrem ini. Jenis-jenis kebakaran pun semakin beragam yang menuntut kesiapan petugas. Menyikapi itu, puluhan personel Damkar Gianyar digenjot selam dua hari untuk mempertajam keahliannya di lapangan.

Sedikitnya 85 personel Damkar Gianyar, menjalani pelatihan teknis pencegahan dan penanganan kebakaran. Dalam pelatihan, peserta ditunntut untuk menyiapkan diri sebagai petugas yang profesional. Tidaknya cakap di medan kebakaran, namun saat di tengah masyarakat semua juga berperan aktif untuk bersosialisasi tentang kewaspadaan dan cegah kebakaran.

“Kesiagaan personel Damkar wajib kami perhatikan serius. Terlebih, akhir-akhir ini musibah kebakaran sering terjadi,” ungkap Kadis Satpol PP dan Damkar Gianyar I Made Watha saat memantau pelatihan di Stadion Dipta, Jumat (24/10).

Yang tidak kalang pentingnya adalah kesiagaan armada dan peralatan. Karena kemampuan personel tanpa kesiapan peralatan, petugas Damkar tidak akan bisa berbuat banyak. Karena itu, semua personel dituntut desiplin melakukan pemeriksaan peralatan dan diharapkan segera melapor jika ada barang atau alat yang wajib segera diganti atau diremajakan.
“Armada dan peralatan adalah istri kedua personel Damkar, jadi wajib dirawat dan disayangi,” terang Watha.

Lanjutnya, target kegiatan ini juga peningkatan kemampuan personelnya di bidang pencegahan. Selama ini, semua personel memang sudah memiliki keahlian dasar dan dimatangi dengan jam terbang yang cukup tinggi. Namun itu dinilai belum cukup, mengingat kemampuan tampil untuk bersosialisasi di masyarakat dirasa belum maksimal.
“Kami sering bersosialisasi tentang pencegahan dan penanganan kebakaran kecil di sejumlah perusahaan swasta, sekolah dan lain-lainnya. Karena itu, kami ingin ada kaderisasi berjalan di internal Damkar,” paparnya.

Tambahnya, sesuai instruksi Bupati Gianyar, dalam waktu dekat Damkar Gianyar juga akan membuka posko baru di Kecamatan Payangan untuk melengkapi tiga pos yang ada. Karena itu akan ada penyebaran personel sembari manunggu penambahan personel dan armada. Hingga kini Damkar Gianyar dari 12 armada yang ada, hanya 9 yang bisa dioperasikan. Jumlah personel keseluruhan baru 145 orang. (338)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.