Palinggih di Pura Dalem Pingit Hancur Tertimpa Dahan Beringin

Kondisi salah satu palinggih yang tertimpa dahan beringin di Pura Dalem Pingit, Dusun Kebon Kangin, Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli, Minggu (5/4/2020).

BANGLI | patrolipost.com – Beberapa palinggih di Pura Dalem Pingit Dusun Kebon Kangin, Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli, rusak setelah tertimpa dahan beringin yang tumbang Minggu (5/4/2020). Dahan pohon beringin tumbang setelah terjadi angin kencang sekitar pukul 14.00 Wita.

Kepala Dusun (Kadus) Kebong Kangin, I Dewa Gede Sutama mengatakan kejadian pohon tumbang sekitar pukul 14.00 Wita. Mengetahui ada pohon tumbang, krama langsung mengecek kondisi Pura. Akibat dahan pohon beringin tumbang mengakibatkan beberapa bangunan rusak. Adapun bangun yang rusak meliputi palinggih surya, palinggih Bhatara Sri, Penglurah Agung, bale pesandekan.

“Pohon beringin yang  berada di areal dalam pura tersebut dahannya tumbang akibat tiupan angin yang cukup kencang,” ujar Dewa Gde Sutama.

Lanjut Dewa Sutama, pasca kerusakan palinggih tersebut maka arca yang ada di palinggih akan dipindahkan sementara waktu. Adapula barong, juga akan dipindahkan.

“Barong dan arca kegingsiran (dipindahkan) di bangunan lain namun masih di areal Pura Dalem Pingit. Untuk kondisi arca dan barong tidak tidak ada kerusakan,” ujarnya, sembari mengatakan Pura Dalem Pingit merupakan pura swagina dan pujawali jatuh pada Anggara Kasih Wuku Tambir.

Ditanya soal proses evakuasi dahan beringin tersebut, Dewa Sutama mengatakan bahwa praju masih akan melaksanakan paruman serta meminta petunjuk orang suci.

“Belum kami lakukan evakuasi. Kami masih akan menanyakan kepada sulinggih, memohon petunjuk. Baru setelah itu kami lakukan evakuasi,” jelasnya, sembari menambahkan kerugian material akibat musibah yang terjadi mencapai ratusan juta. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.