Aliansi Bali Lawan Covid-19 Edukasi Masyarakat dan Bagikan Brosur

Alinasi Bali Lawan Covid-19 mengedukasi warga serta membagi-bagikan brosur.

DENPASAR | patrolipost.com – Aliansi Bali Lawan Covid-19 melakukan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan persebaran Covid-19. Edukasi dilakukan dengan cara menyebarkan poster dan brosur kepada masyarakat. Poster tersebut disebarkan ke rumah – rumah warga, kos – kosan, pasar dan ada beberapa poster yang ditempelkan ditempat – tempat yang strategis agar dibaca oleh masyarakat di wilayah Denpasar, Sabtu (4/4/2020).

“Edukasi ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat terkait Covid-19 dan bahayanya. Sehingga masyarakat semakin mengerti dan dapat menaati instruksi pemerintah, saran dokter dan pihak – pihak terkait agar melakukan social distancing, menjaga daya tahan tubuh dan sebagainya,” ungkap Koordinator Aliansi Bali Lawan Covid 19, Endang Astuti Bunga.

Bacaan Lainnya

Ada sembilan poin yang disampaikan dalam poster tersebut, yaitu pertama berisikan penjelasan terkait apa itu Covid-19, poin kedua berisikan saran umum terkait langkah – langkah mencegah persebaran Covid-19. Poin ke tiga menjelaskan langkah – langkah yang harus dilakukan ketika masuk minimarket dan sejenisnya. Poin ke empat menerangkan protokol yang dilakukan ketika  keluar rumah.

Poin kelima berisikan saran – saran kepada ojek online ketika melakukan mobilitas dan berhadapan dengan penumpang. Ke enam menjelaskan protokol masuk rumah, ke tujuh berisikan langkah – langkah ketika ingin melalukan transaksi di ATM. Poin ke delapan berisikan imbauan untuk yang tinggal di kos – kosan dan terakhir berisikan imbauan kepada masyarakat yang memiliki masalah terkait Covid-19, kecuali masalah medis dapat menghubungi Aliansi Bali Lawan Covid-19.

Aliansi Bali Lawan Covid 19 menilai ada beberapa kelompok masyarakat yang belum memahami Covid-19 dan bagaimana cara ‘memotong’ rantai pernyebaran Covid-19.

“Dari data yang kami peroleh di lapangan, masyarakat yang tidak menaati instruksi dari pemerintah, saran dokter dan pihak – pihak terkait dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 karena belum memahami secara detail terkait Covid-19 itu sendiri dan bahaya – bahayanya. Karena itu, kita melakukan edukasi agar masyarakat mengerti dan membangun komitmen bersama untuk memotong rantai pernyebaran virus ini. Hanya dengan komitmen dan solidaritas bersama Covid-19 ini dapat diatasi pernyebarannya,” ujar Endang.

Aliansi Bali Lawan Covid-19 berharap agar masyarakat dapat menjalankan edukasi tersebut. Mencegah pernyebaran Covid-19 tentunya membutuhkan komitmen bersama dari semua elemen. Warga harus membantu warga lainnya yang membutuhkan. Penyelesaian masalah Covid-19 membutuhkan solidaritas dari semua elemen masyarakat.

“Semoga masyarakat dapat mengerti dengan edukasi yang kami lakukan ini dan dapat menjalankannya. Warga harus patuhi apa yang menjadi imbauan pemerintah dan dokter. Kita sama – sama berdoa agar pandemi ini segera berakhir. Namun kita juga harus terus melakukan apa yang bisa kita lakukan,” imbuh I Gusti Putu Putra Mahardika, Ketua Organisasi Gagasan Pemuda Bali yang merupakan salah satu organisasi yang tergabung dalam Aliansi Bali Lawan Covid-19. (007)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.