Gempabumi Tektonik Berkekuatan M 2,8 Guncang Buleleng

Foto ilustrasi/net.

DENPASAR | patrolipost.com – Gempabumi tektonik berkekuatan M 2,8 guncang Buleleng, Minggu (5/4/2020) sekira pukul 07:39:04 Wita. Gempa tersebut episenter terletak pada koordinat 8,33 LS dan 115,00 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 km Barat Daya Buleleng, Bali pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

Bacaan Lainnya

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Busungbiu-Buleleng II MMI dan getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbau Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Drs M Taufik Gunawan, Dipl SEIS, melalui keterangan tertulisnya. (cr01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.