Warga Abuan Berstatus PDP, Anggota Keluarga Jalani Rapid Test

Bupati pimpin Satgas penanggulangan Corona lakukan rapid test di Desa Abuan, Kecamatan Susut, Jumat (3/4/2020).

BANGLI | patrolipost.com – Setelah sebelumnya salah seorang warga Desa Selulung berstaus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), kini giliran salah seorang warga Desa Abuan, Kecamatan Susut, Bangli juga tercatat kasus serupa.

Dengan berstaus PDP, keluarganya kini menjalani isolasi. Sebelum itu telah dilakukan rapid test terhadap keluarga pasien tersebut. Satgas pun turun ke desa Abuan pada Jumat (3/4/2020) dipimpin langsung Bupati Bangli, I Made Gianyar.

Bacaan Lainnya

Bupati Made Gianyar mengungkapkan jika salah satu warga Desa Abuan yang berstatus PDP tersebut bekerja  di kapal pesiar dan tinggal di wilayah Denpasar bersama istrinya. Kemudian sempat pulang ke kampung di Desa Abuan bersama sang istrinya. Saat di rumah, sempat kontak dengan beberapa anggota keluarganya.

“Beberapa hari sekitar 3-4 hari berada di kampung, sehingga yang bersangkutan ada kontak dengan orangtuanya,” ungkap Bupati.

Bahwa sebelumnya berstatus orang dalam pemantauan (ODP), belakangan diketahui jika yang bersangkutan naik status PDP. Dengan demikian, sesuai prosedur satgas melakukan pengecekan dengan siapa saja yang bersangkutan melakukan kontak. Lebih disampaikan, bahwa warga Abuan tersebut sudah pulang sejak 15 hari lalu.

Terkait kondisi anggota keluarga yang sempat diajak kontak, kata Bupati Made Gianyar, sejauh ini tidak ada keluhan batuk atau lainnya. Namun demikian untuk anggota keluarga sudah dilakukan rapid test dan hasilnya negatif. Setelah menjalani rapid test keluarga ini menjalani isolasi. Untuk kebutuhan sehari-hari didukung oleh pemerintah.

“Rapid test sudah dilakukan, dan hasilnya negatif, akan tetapi seminggu ke depan akan dilakukan test kembali untuk memastikan kondisi keluarga ini,” sebutnya.

Bupati Made Gianyar menambahkan kehadiran dirinya bersama satgas juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penanganan Covid-19. Selain itu mengajak masyarakat untuk tidak mengucilkan keluarga yang salah satu anggota keluarga berstatus PDP. “Kita sama-sama memberikan dukungan. Semoga wabah ini cepat berlalu,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Bangli dr Nengah Nadi pun menambahkan untuk warga Abuan yang berstatus PDP kini menjalani perawatan di RSUP Sanglah, Denpasar. Kemudian untuk anggota keluarga di Abuan sudah menjalani rapid test dengan hasil negatif, dan kini menjalani isolasi mandiri. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.