Dampak Covid-19 Target Retribusi Pasar Terancam Tidak Terealisasi

Kondisi Pasar Kidul yang lengang pasca merebaknya virus Corona.

BANGLI | patrolipost.com – Di tengah merebaknya penyebaran virus Corona berdampak pada aktivitas Pasar Kidul Bangli. Banyak pedagang lebih memilih tidak berjualan karena takut terpapar virus Corona. Dengan menurunnya jumlah pedagang yang berjualan tentu berdampak menurunnya hasil punngutan retribusi. Jika kondisi ini  berlangsung lama dipastikan target retribusi  pasar tidak terealisasi.

Kepala Pasar Kidul Bangli Jro Sabda Negara, pasca merebaknya penyebaran virus Corona sangat berpengaruh terhadap aktivitas pasar. Pasar sepi karena banyak pedagang yang enggan berjualan begitu pula pengunjung pasar mulai menurun.

Bacaan Lainnya

“Kondisi pasar sangat sepi, warga dihinggapi perasaan takut akan penyebaran virus Corona,” ujarnya, Rabu (1/4/2020).

Kata Jro Sabda, upaya pencegahan penyebaran virus Corona telah dilakukan pemerintah yakni lewat penyemprotan. “Untuk  di Pasar Kidul sudah tiga kali dilakukan penyemprotan  dan yang terakhir penyemprotan dipimpin  oleh Bapak Kapolres,” sebutnya.

Lanjut Jro Sabda, jika kondisi normal untuk hari pasaran berhasil memungut retribusi Rp 4,5 juta. Sedangkan dalam kondisi seperti saat ini  hasil pungutan reribusi hanya Rp 3,6 juta. Sementara jika tidak hari pasaran dalam kondisi normal mampu memungut retribusi Rp 4 juta dan dalam kondisi  seperti saat ini mampu memungut retribusi Rp 3 juta.

Sebut Jro Sanda terkait  terjadinya  penurunan punugutan retribusi  akan disampaikan ke Dinas Perdagangan. “Tentu kami akan membuat laporan terkait kondisi pasar yang sepi,” jelasnya. Untuk target punungutan retribusi tahun 2020 sebesar Rp 1,174.345.000. Kalau kondisi tidak segera pulih kami yakni target tidak akan tercapai, kemungkinan kondisi sama terjadi pada pasar lainnya,” ujar Jro Sabda.

Sementara terkait pembatasan operasional pasar di hari pertama belum optimal, yang mana sejumlah pedagang sudah datang sejak dini hari. Namun karena pasar belum buka, maka pedagang tersebut membuka lapak di areal parkir. Kemudian ketika pasar mulai dibuka memicu kekroditan.

Terkait kondisi tersebut, pengelola Pasar Kidul Mangku Duwungan tidak menampik jika sosialisasi belum maksimal. “Kemarin sore baru turun suratnya sehingga masih banyak yang belum tau. Maka dari itu, hari ini (Rabu) kami sosialisasikan kembali. Kami langsung jajaki para pedagang,” ujarnya.

Selain itu, untuk memastikan intruksi bupati berjalan dengan baik, maka para petugas pasar akan melakukan pemantauan, jika ada pedagang yang datang lebi awal maka akan diminta untuk menunggu sampai jam buka yakni pukul 07.00 Wita. Pihaknya berharap semua pedagang bisa mengikuti instruksi ini, demi kebaikan bersama. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.