WHO Minta Setiap Negara Menjamin Ketersediaan Alat Medis

  • Whatsapp
Penanganan pasien virus Corona/net.

DENPASAR | patrolipost.com – Selain memiliki fasilitas yang memadai untuk pasien, penting juga bagi setiap negara memiliki persediaan diagnostik, peralatan pelindung atau APD, dan pasokan medis lainnya yang memadai. Guna memenuhi kebutuhan tersebut WHO minta setiap negara tingkatkan produksi alat kesehatan.

Upaya memastikan ketersediaan produk-produk kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan vital untuk menyelamatkan nyawa dan mengurangi dampak Covid-19 baik sosial maupun ekonomi.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya hari ini saya berbicara dengan menteri perdagangan dari negara-negara G20 tentang cara mengatasi kekurangan kronis dari alat pelindung diri dan pasokan medis penting lainnya,” ungkap Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalan sambutan media briefing Covid-19, Janewa, Senin (30/3/2020).

WHO meminta setiap negara terdampak untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan guna meningkatkan produksi produk kesehatan, memastikan kelancaran distribusi produk-produk kesehatan, dan memastikan distribusi produk-produk tersebut tepat sasaran secara adil dan merata berdasarkan kebutuhan masyarakat. Selain itu, WHO juga bekerja sama dengan beberapa mitra secara masif untuk meningkatkan akses dan kelancaran distribusi produk-produk keselamatan jiwa, termasuk diagnostik, APD, oksigen medis, ventilator dan banyak lagi.

“Kami memahami bahwa banyak negara menerapkan langkah-langkah yang membatasi pergerakan orang,” katanya.

Pemerintah juga perlu memastikan kesejahteraan masyarakat yang kehilangan pendapatan dan sangat membutuhkan makanan, sanitasi, dan layanan publik lainnya. Negara-negara harus bekerja sama saling bahu membahu dengan masyarakat untuk membangun kepercayaan dan mendukung ketahanan dan kesehatan baik fisik maupun mental. (cr01)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *