PHDI Klungkung Imbau Seluruh Pinandita Bunyikan Genta Secara Bersama

Ketua PHDI Klungkung Putu Suarta.

SEMARAPURA | patrolipost.com – Menyikapi musibah yang sedang menimpa Bali mulai dari penyebaran virus Corona (Covid-19) sampai sambaran petir yang terjadi di Pura Besakih, PHDI Klungkung mengajak seluruh  umat se-Dharma se-Kabupaten Klungkung, khususnya para Pinandita untuk menghaturkan pejati secara serentak di pelinggih kemulan di merajan soang soang  pada Senin (30/3) besok sekitar pukul 18.30 Wita.

“Kami dari PHDI Klungkung percaya umat sudah melakukan hal itu, tapi secara serentak kiranya belum. Berangkat dari itulah kami di PHDI Klungkung mengimbau secara serentak seluruh umat melakukan hal itu Senin besok,” beber Ketua PHDI Klungkung Putu Suarta, MInggu (29/3/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut Putu Suarta langkah secara niskala tersebut dilakukan untuk memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar seluruh masyarakat diberikan perlindungan dan keselamatan sehingga wabah Covid-19 yang merebak belakangan  ini  bisa cepat musnah dari muka bumi ini, dan keadaan pulih seperti semula.

Putu Suarta meminta selain menghaturkan pejati di merajan masing-masing, juga mengajak ribuan pinandita atau jro mangku untuk bersama-sama menyuarakan bajra (genta) secara serentak pada saat itu juga. Menurutnya hal ini dilakukan dengan harapan suara bajra yang dibunyikan semua menjadi hening dan dunia ini menjadi lebih damai nantinya.

Dirinya berharap apa yang dilakukan ini ada kaitannya dengan fenomena yang terjadi belakangan ini. Seperti halnya terhadap kejadian gelung agung di Pura Besakih yang runtuh disambar petir. Jangan dipikirkan kejadian tersebut secara negatif jika itu terjadi diharapkan hal itu disingkirkan saja, namun dirinya berharap kejadian  tersebut bisa membawa efek positif saja.

“ Semua yang  kita serukan ini,adalah inisiatif dari PHDI Klungkung semata. Mudah-mudahan kabupaten lain bisa mengikuti ajakan hal ini,” pungkasnya. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.