Ngembak Geni, Bupati Bangli Imbau Warga Tetap di Rumah 

  • Whatsapp
Penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Bangli, Selasa (24/3/2020).

BANGLI | patrolipost.com – Bupati Bangli I Made Gianyar mengeluarkan instruksi pada Ngembak Geni, Kamis (26/3) agar masyarakat Bangli tetap di rumah. Selain itu akses keluar kabupaten juga akan ditutup. Dikeluarkanya intruksi ini ibarat pelaksanaan Hari Raya Nyepi berlangsung dua hari. Namun dalam intruksi ini masyakarat hanya melaksanakan amati lelungan (tidak bepergian).

Bupati Made Gianyar mengatakan jika pihaknya telah mengeluarkan intruksi agar masyarakat Bangli tetap berapa di rumah pada hari Kamis. Hal ini sebagai tindak lanjut imbauan Gubernur Bali guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19). Menurut Bupati Made Gianyar, masyarakat tetap di rumah seperti pelaksanaan Hari Raya Nyepi. Pada Hari Raya Nyepi dilaksanakan Catur Brata Penyepian, kemudian untuk hari Kamis masyarakat hanya melaksanakan salah satu dari Catur Brata Penyepian yakni amati lelungan atau tidak bepergian.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, untuk memastikan masyarakat tetap di rumah, akan ada satgas yang melakukan pemantauan. Sedangkan untuk di jalur perbatasan juga akan ada penjagaan dengan melibatkan stackholder terkait.

“Masyarakat masih bisa melakukan aktivitas, hanya kita tidak keluar dari wilayah banjar, desa atau kecamatan,” ungkapnya, Selasa (24/3/2020).

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa para bupati berkomitmen mengamankan wilayah masing-masing. Terkait instruksi ini, sudah diteruskan ke masing-masing perbekel untuk ditindaklanjuti. Kemudian dengan dikeluarkanya instruksi ini aktivitas di pasar juga tutup.

“Untuk pasar jelas tutup, pedagang berasal dari berbagai banjar/desa bahkan dari luar kecamatan,” sambungnya.

Di sisi lain, Bupati Made Gianyar memimpin langsung kegiatan penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Bangli pada Selasa (14/3/2020) sore. Bupati asal Desa Bunutin, Kecamatan Kintamani ini menyampaikan setelah dilakukan ucapara pecaruan, kini dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan. “Secara niskala sudah kita laksanakan tadi pagi, saat ini kami lanjutkan kegiatan pencegahan secara skala (nyata). penyemprotan ini bertujuan untuk kebersihan lingkungan,” sambungnya.

Selain itu, Bupati Made Gianyar mengimbau masyarakat yang baru datang dari luar negeri untuk mengikuti prosedur yang ditetapkan pemerintah yakni melakukan isolasi diri. “Bagi yang baru pulang kami harap melakukan isolasi diri, jangan dulu bepergian,” ujarnya sembari mengatakan bahwa ada kasus, warga yang baru pulang dari luar negeri, tapi sudah bepergian. Atas kondisi tersebut pihak kecamatan sudah turun untuk memberikan imbauan. Selain itu bagi yang pula tanpa melalui sistem agar segera melaporkan diri.

Bupati Made Gianyar pun berharap masyarakat mengikuti tiap imbauan/instruksi pemerintah, demi keselamatan bersama. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *