Cegah Covid-19, Kapolres Buleleng Ingatkan Warga Maklumat Kapolri

Kapolres Buleleng konvoi mengelilingi Kota Singaraja menyampaikan Maklumat Kapolri terkait pencegahan penyebaran virus Corona.

SINGARAJA | patrolipost.com – Kapolres Buleleng AKBP I Made Sinar Subawa mengingatkan masyarakat Bulelang tentang Maklumat Kapolri soal kepatuhan warga negara terhadap penanganan penyebaran Covid-19.

Atas terbitnya maklumat Kapolri bernomor:Mak/2/III/2020, Kapolres Made Subawa  memberikan imbauan lewat media termasuk radio bahkan hingga melakukan konvoi untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya memutus mata rantai Covid-19 dengan cara mengurangi seluruh aktivitas di luar rumah hingga mengurangi kerumunan.

Bacaan Lainnya

Kapolres Buleleng melalui siaran langsung di radio menyampaikan, Maklumat  Kapolri diantaranya memberikan perlindungan kepada masyarakat, Polri senantiasa mengacu asas keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi (Salus Populi Suprema Lex Esto) sehingga diimbau untuk tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan (didalamnya juga tidak melakukan kegiatan arak-arakan ogoh ogoh) dan tetap tenang serta tidak panik, tidak melakukan pembelian dan atau menimbun kebutuhan pokok maupun kebutuhan masyarakat lainnya.

“Bila nanti masyarakat tidak mematuhi maklumat yang disampaikan Kapolri dan juga tidak mematuhi imbauan pemerintah dalam pencegahan virus Corona maka Kepolisian akan melakukan tindakan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dan juga tindakan Kepolisian lainnya,” tegas Kapolres, Selasa (24/3/2020).

Sementara itu, untuk memastikan keseriusan aparat dalam menjalankan Maklumat Kapolri, personel yang terlibat dalam Operasi Aman Nusa Agung II tahun 2020 dibekali pakaian pelindung diri (APD) lengkap hingga kacamata.

Selama melakukan imbauan dengan melakukan konvoi ke jalan, personel diwajibkan melengkapi diri dengan pakaian APD. Hal itu untuk menghindari kemungkinan terpapar Covid-19 berada di ruang publik.

“Semoga semuanya dapat mematuhi dan melaksanakan apa yang telah disampaikan oleh pemerintah untuk sementara tidak melakukan kegiatan sosial, baik berkerumun dan berkumpul dan juga tidak bersentuhan langsung kepada orang lain atau menjaga jarak sehingga pencegahan penuluran virus Covid 19 dapat terhindari,” imbuh Kapolres.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Buleleng Kompol Anak Agung Wiranata Kusuma memimpin jalannya konvoi menyasar sejumlah tempat seperti Taman Kota, Taman Sunda Kecil, Pasar Banyuasri, Pantai Penimbangan dan Pasar Buleleng.

Polres Buleleng mengimbau untuk tidak melakukan kerumunan dan setelah melakukan kegiatan untuk segera pulang ke rumah. Bahkan disampaikan, upaya  pencegahan persebaran  virus Corona ditekankan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan cairan antiseptik, menjaga area rumah dan kerja tetap bersih, gunakan masker saat keluar rumah. Bahkan saat mengalami batuk atau pilek disarankan mengkonsumsi makanan bergizi untuk memperkuat daya tahan tubuh.

“Minum air putih yang cukup dan olahraga minimal 30 menit perhari dan dilakukan di rumah/di tempat dan bila demam, batuk, pilek-pilek dan sesak nafas segera periksaan diri ke fasilitas kesehatan,” imbuh Kompol Agung Wiranata Kusuma.

Saat menghampiri warga yang tengah melaksanakan upacara pecaruan di Pasar Buleleng, Kabag Ops Kompol Agung memberikan imbauan selama melakukan kegiatan agar menjaga jarak dengan yang lain dan segera tinggalkan tempat saat acara selesai. (625)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.