BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi di Perairan Bali Selatan

Foto ilustrasi/net.

DENPASAR | patrolipost.com – Balai Besar Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, tinggi gelombang laut diperkirakan mencapai angka 2.5 meter, terutama di Perairan Selatan Bali. Para nelayan dan pelaku pariwisata bahari diminta untuk waspada.

Berdasarkan prakiraan cuaca wilayah Bali hari ini, Minggu (22/3/2020) hingga besok Senin (23/3/2020), umumnya cerah berawan tetapi berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Bali bagian Barat dan Tengah.

Bacaan Lainnya

Suhu udara berkisar antara 22 sampai 33 derajat Celcius, dengan kelembaban udara berada pada kisaran antara 60 hingga 93 persen. Kecepatannya angin berkisar antara 8 sampai 32 Km/Jam, umumnya bertiup dari arah Timur sampai Tenggara.

Hal tersebut disebabkan karena wilayah Bali masih dalam periode musim hujan, suhu muka laut pun dapat berkontribusi penguapan yang cukup untuk pembentukan awan-awan hujan karena kondisi air laut yang hangat dimana suhu muka laut sekitar wilayah Bali diperkirakan berkisar antara 29 hingga 31 derajat Celcius. Kemudian massa udara basah yang terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 700 mb (3.000 m).

BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih terutama di Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian Selatan, dan Samudera Hindia Selatan Bali. BMKG juga terus mengimbau masyarakat terutama Nelayan dan Pelaku Wisata Bahari agar mewaspadai tingginya gelombang laut di sekitar perairan Selatan Bali.

Terkait tingginya intensitas hujan dalam beberapa waktu terakhir, BMKG juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti kilat/petir, angin kencang secara tiba-tiba, pohon tumbang, adanya genangan air, banjir dan tanah longsor. (cr01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.