Masih Banyak Warga Buang Sampah di Kawasan Hutan

Tumpukan sampah di kawasan hutan Kintamani, di Desa/Kecamatan Kintamani, Bangli.

BANGLI | patrolipost.com –  Kesadaran masyarakat untuk  menjaga kebersihan lingkungan ternyata masih lemah. Buktinya  masih banyak warga membuang sampah secara sembarangan yakni membuang sampah di kawasan hutan. Kondisi ini terjadi di Desa /Kecamatan Kintamani.

Menurut warga, sejatinya kawasan hutan harus steril dari sampah. Namun karena rendahnya  kesadaran segelintir warga, mereka memanfaatkan kawasan hutan sebagai tempat membuang sampah. Kata pria yang enggan disebutkan namanya ini, khusus untuk di Desa Kintamani ada tiga titik kawsan hutan dijadikan TPA dadakan yakni di  tepat di depan masjid dan di sebelah utara masjid.

Bacaan Lainnya

“Keberadaan sampah selain membuat kesan kumuh juga akan dapat merusak  ekosistem hutan,” ujarnya, Kamis (19/3/2020).

Keberadaan sampah  juga akan berdampak negatif  terhadap  pariwisata, sebab  areal hutan kini dimanfaatkan untuk  paket  wisata sepeda. Menurutnya sejauh ini belum ada tindakan,  baik itu dari instansi terkait maupun aparat desa terhadap warga yang membuang sampah di kawasan hutan.

“Seolah-olah ada pembiaran. Kalau ini tidak segera ditertibkan lambat laun kawasan hutan akan rusak,” ujarnya.

Terpisah Camat Kinatamani Wayan Bona saat dikonfirmasi  tidak menampik kalau  ada beberapa titik di pinggiran hutan dijadikan tempat pembuangan sampah. Menyikapi masalah tersebut pihaknya akan turun memberikan edukasi ke masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami nanti  akan  berkoordinasi dengan  Perbekel dan Bendesa setempat  untuk  mengatasi masalah  tersebut,” ujar Wayan Bona. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.