Pasca Sarjana Universitas Mahasaraswati Bersama IAP Bali Gelar Pelatihan

Para peserta  Pelatihan Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang digelar Pasca Sarjana Prodi P3WL Universitas Mahasaraswati

 

Bacaan Lainnya

 

DENPASAR l patrolipost.com – Mengacu pada Peraturan Pemerintah No.45/2015 tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Program Studi Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pengelolaan Lingkungan (P2WL) Pasca Sarjana Universitas Mahasaraswati bekerjasama dengan Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) Bali , gelar Pelatihan Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Jumat (13/3/2020) di kampus setempat.

Selain untuk memenuhi nilai kompetensi Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota, Kegiatan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Universitas Mahasaraswati tersebut juga bertujuan untuk memenuhi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang wajib dimiliki mahasiswa.

“Kegiatan ini sangat penting bagi saudara sesuai dengan jurusan dan prodi sesuai dengan ketentuan, setiap lulusan perguruan tinggi sekarang ini tidak cukup dengan memegang ijazah baik S1 maupun S2, karena sekarang pemerintah mengharapkan disamping ijazah harus ada surat pendamping ijazah yang menyatakan kemampuan mahasiswa,” sebut Rektor Universitas Mahasarawati Dr Drs I Made Sukamerta M.Pd.

Kegiatan ini menyajikan materi pelatihan meliputi, Proses dan Prosedur Penyususunan RTRW, RUU Cipta Kerja dan Dampaknya terhadap Penataan Ruang, Serta pemaparan materi terkait Geographic Information System (GIS), Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan Kearifan lokal dalam penyusunan rencana tata kelola ruang yang disampaikan langsung oleh ahli dibidangnya.

Adapun pemateri dalam pelatihan ini ialah, Ir Ngakan Putu Kirim M.Si Kepala Bidang Tata Ruang PUPR Provinsi Bali, Ir Made Arca eriawan MM IAP Kelompok Ahli Gubernur, Dr Ir Ketut Sumantra MP Ditrktur Pasca Sarjana UNMAS, Prof Dr Ir I Putu Rumawan Salain M.Si Pemerhati Tata Ruang/ Guru Besar UNUD, Ir I Ketut Janapria MT Tiam Ahli DPRD Kab. Klungkung, I Made Agus Aryawan ST MT Kadis PTSP Kab. Badung, Drs R Suyarto M Si PPGS UNUD, Ir Gusti Putu Anindya Putra MSP Kepala Pusat Studi Pembangunan Perkotaan dan Wilayah UNHI, dan Prof Dr Ir I Ketut Arnawan MP Kaprodi P2WL UNMAS.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 14 Maret ini diikuti oleh delapan puluh peseta yang terdiri dari mahasiswa Universitas Mahasarawati, Perwakilan Universitas Hindu Indonesia, Ikatan Ahli Perencana (IAP) dan Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI).

“Melalui kegiatan ini besar harapan kami adanya kerjasama berkelanjutan antara IAP dan Universitas Mahasaraswati,” Ujar Agung Sutrisna Ketua Panitia RTRW dan Juga Ketua IAP Provinsi Bali. (cr01)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.