Pasca Wanita Jerman Suspect Corona, Pengunjung Nusa Penida Discrening

Diskes Klungkung melakukan screning bagi wisatawan asing maupun lokal yang datang ke Nusa Penida.

SEMARAPURA | patrolipost.com – Pemerintah Kabupaten Klungkung bergerak cepat pasca ditemukannya seorang WNA suspect Covid-19 baru-baru ini. Sebagai langkah preventif, Dinas Kesehatan melakukan screning atau pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap warga lokal maupun wisatawan asing di Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida, Jumat (13/3/2020).

“Sesuai protap, setiap warga yang masuk ke Nusa Penida dilakukan pemeriksaan suhu tubuh,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Klungkung, dr Ida Ayu Megawati, ditemui di lokasi, Jumat (13/3/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pemeriksaan suhu tubuh terhadap seluruh pengunjung ke Nusa Penida dilaksanakan, sejak Jumat (13/3/2020) atau pasca diisolasinya pasien dengan pengawasan (PDP) suspect Covid-19 yang berasal dari Nusa Penida.

“Pada intinya pemeriksaan itu untuk mengetahui suhu tubuh pengunjung. Jika ada yang sakit, kami arahkan ke pelayanan kesehatan terdekat,”  bebernya lebih lanjut.

Sementara,  pasien dengan pengawasan (PDP) Covid-19 yang sempat diisolasi di ruang HD RSUD Klungkung telah dirujuk ke RSUP Sanglah, pada Kamis (12/3/2020) sekitar pukul 18.00 Wita. Selanjutnya tim  Dinas Kesehatan Klungkung sedang menelusuri pihak-pihak yang sempat berinteraksi dengan pasien tersebut.

Disebutkan pula, Dinas Kesehatan Klungkung terus melakukan screning kepada wisatawan asing maupun domestik yang mengunjungi beberapa tempat berbeda di Nusa Penida seperti di kawasan Jungutbatu, di Sampalan, dan di Banjar Nyuh.

“Pemeriksaan suhu tubuh pengunjung ini akan dilaksanakan selama seminggu. Selanjutnya, nanti akan dilakukan evaluasi,” sambungnya.

Sementara itu lokasi menginap pasien WNA Pasien Dalam Pengawasan Covid 19 itu, sudah dilakukan sprayer disinfektan sesuai prosedur. Tim Surveilans juga langsung menelusuri seluruh kegiatan interaksi pasien tersebut selama berada di Nusa Penida. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.