PILKADA BANGLI: Polres Petakan Wilayah Berpotensi Konflik

  • Whatsapp
Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan.

BANGLI | patrolipost.com – Langkah deteksi dini dilakukan Polres Bangli dalam kaitannya pengamanan pelaksanaan Pilkada. Deteksi dini yakni melakukan pemetaan daerah atau wilayah yang berptensi konflik. Selain itu Polres Bangli juga intens melakukan pendekatan kepada tokoh-tokoh masyarakat.  

Sementara untuk pengamanan tahapan pilkada, Polres Bangli sudah menyiapkan sistem pengaman. Termasuk nantinya akan meminta bantuan pengamanan dari Polres terdekat seperti Polres Klungkung, Gianyar dan Buleleng.

Bacaan Lainnya

Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan mengatakan, untuk pemetaan potensi konflik di Bangli  kaitannya hajatan Pilkada, pihaknya  berkaca pada pelaksanaan Pilkada sebelumnya. Selain itu melihat pula memantau  perkembangan politik di Bangli.

“Berbagai faktor bisa menjadi pemicu, tidak serta merta karena masing-masing pendukung calon. Berkaca dari Pilkada sebelumnya, ada di satu desa warganya yang tidak diberikan kesempatan untuk memilih. Hal ini tentu menjadi ruang atau celah yang dapat menimbulkan konflik,” ujarnya, Kamis (12/3/2020).

Disinggung terkait daerah rawan konflik, AKBP Dhana Aryawan tidak menyebutkan secara gamblang. Namun demikian jajarannya sudah melakukan langkah-langkah antisipasi. Melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat, untuk bersama-sama menjaga situasi agar tetap kondusif.

Lanjutnya, untuk pengamanan juga disesuiakan dengan tahapan-tahapan di KPU Bangli. “Untuk pengamanan Pilkada seluruh personel dilibatkan. Namun kami melakukan pengamanan sesuai dengan tahapan pemilu, seperti rekrutmen PPK maupun PPS kami sudah turun,” ujarnya. Selain melibatkan seluruh personel Polres Bangli, nantinya juga akan dibackup personel dari Polres terdekat.

Menurutnya,  pada pelaksanaan pemilu tahun sebelumnya  untuk pengamanan  dibackup oleh Polda Bali, namun untuk tahun ini dirancang agar dibackup Polres terdekat.

“Kebetulan daerah terdekat seperti Polres Klungkung, Gianyar dan Buleleng tidak melaksanakan Pilkada, sehingga kami berkoordinasi agar ketiga Polres ini membackup Polres Bangli,” jelasnya.

Sesuai dengan rencana, nantinya Polres Buleleng akan membantu pengaman di wilayah Kecamatan Kintamani, Polres Klungkung membantu pengamanan di Kecamatan Tembuku, dan Polres Gianyar membantu pengamanan di wilayah Kecamatan Bangli dan Kecamatan Susut.

Tidak hanya itu, bila nantinya sudah ditetapkan pasangan calon, maka dilakukan pula pengamanan melekat bagi masing-masing calon.

“Kami juga melakukan pengamanan melekat untuk masing-masing calon. Untuk satu calon akan dijaga oleh 9 orang personel,” sebut AKBP Gusti Agung Dhana Aryawan. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *