PT Pegadaian Hadirkan Bank Sampah di Labuan Bajo

Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula (kiri) meninjau mesin pencacah sampah, bantuan PT Pegadaian (Persero), Sabtu (7/3/2020).

LABUAN BAJO | patrolipost com – PT Pegadaian (Persero) memberikan bantuan Bank Sampah di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (7/3/2020). Selain bank sampah, PT Pegadaian juga menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa 1 unit mesin pencacah sampah, 2 unit kendaraan roda 3, 40 tong sampah, lemari serta meja dan kursi dengan total nilai mencapai Rp. 447.360.000.

Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat dihadiri Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Edistasius Endi, beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), jajaran pengurus Desa Batu Cermin serta warga masyarakat.

Bacaan Lainnya

Direktur SDM dan Hukum PT Pegadaian Persero, Muhamad Edy Isdwiarto menjelaskan, pengadaan Bank Sampah di Desa Batu Cermin merupakan bagian dari komitmen PT Pegadaian dalam membantu pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam mengelolah sampah.

“Kegiatan hari ini adalah penyerahkan bantuan berupa Bank Sampah kepada Desa Batu Cermin. Ini merupakan bagian dari komitment kami membantu pemerintah dalam mengatasi masalah sampah, khususnya di 5 Destinasi utama, salah satunya Labuan Bajo. Labuan Bajo satu-satunya dari 5 destinasi prioritas yang mendapatkan paket lengkap dari Pegadaian,” jelas Edy.

Selain itu Edy juga berharap agar pengelolaan Bank Sampah dapat dijalankan dengan baik oleh Bumdes Batu Cermin serta memperoleh nilai ekonomi dari adanya Bank Sampah tersebut.

“Untuk pengelolaannya kita serahkan kepada Bumdes. Harapannya, yakni satu membudayakan masyarakat di sini untuk memilah sampah dan membawa sampah ke bank sampah. Kedua, bisa melatih teman-teman untuk berinvestasi dengan baik dan tambahannya itu bisa dikelola dengan baik sehingga menghasilkan manfaat ekonomi kepada masyarakat setempat,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula menyampaikan terima kasih kepada PT Pegadaian yang telah berkontribusi untuk memerangi sampah di Labuan Bajo. Hingga kini kata Dula, sampah menjadi masalah tersendiri bagi kemajuan pariwisata di wilayahnya. Dia berharap dengan bantuan bank sampah dari PT Pegadaian bisa mengurangi masalah tersebut. (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.