HUT ke-23 SMAN 2 Semarapura Usung ‘Weraspati Nuluh Guna’

Bupati Suwitra menghadiri HUT SMAN 2 Semarapura, Sabtu (7/3/2020).

SEMARAPURA | patrolipost.com – Puncak Peringatan HUT SMAN 2 Semarapura yang ke-23 yang digelar di  Wantilan Dharma Usada SMAN 2 Semarapura, Sabtu (7/3/2020) berlangsung meriah diikuti ratusan siswa dan guru SMAN 22 Semarapura. Sebagai sekolah unggulan, tema HUT SMAN 2 Semarapura, Klungkung tahun ini “Demokratis, Unggul dan Akuntabel, Toleran serta Inovatif Mewujudkan Generasi yang Beradab”.

Hadir pada kesempatan itu Bupati Klungkung Nyoman Suwirta , Wakil Ketua DPRD Klungkung Cokorda Gede Agung, Kepala SMA N 2 Semarapura I Wayan Janiarta, Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Korwas SMA/SMK Klungkung, Kepala SMA/SMK swasta se-Kabupaten Klungkung serta undangan terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menekankan pendidikan karakter harus diberikan di setiap mata pelajaran sebagai pondasi yang kuat dalam mendidik generasi muda kita.

“Luangkan waktu lima sampai sepuluh menit di jam pelajaran dengan mengisi pendidikan karakter. Pendidikan karakter menjadi pondasi dasar dalam mendidik generasi muda, sehingga menjadi generasi yang berbudi pekerti dengan karakter pribadi yang baik,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan, semua guru dan Kepala Sekolah harus menjadi kader-kader “pesaje” kesungguhan atau wujud keseriusan dalam menekuni sebuah pekerjaan. Pejasa dalam rasa memiliki sekolahnya, pesaje dalam mendidik dan memiliki siswa.

“Jadi pemimpin atau kepala sekolah itu harus pesaje menjalankan kewajiban sebagai pemimpin di sekolah dengan memberikan yang terbaik,” tandasnya.

Bupati juga mengintruksikan langsung dalam menghadapi virus Corona (Corvid-19) semua sekolah, instansi dan pelayanan publik agar menyiapkan antiseptik di setiap pintu masuk untuk membersihkan tangan sebelum dan sesudah melakukan aktifitas untuk mencegah masuknya virus ke tubuh kita.

Sementara itu dalam laporannya Ketua Panitia, Gusti Ketut Wija mengatakan perayaan HUT ke-23 SMA Negeri 2 Semarapura sudah dilaksanakan dari tanggal 3 sampai dengan 7 Maret 2020 dengan mengambil tema “Dua Tiga” (Demokratis Unggul dan Akuntabel Toleran serta Inovatif Mewujudkan Generasi Beradab) yang mana pendidikan di SMA Negeri 2 Semarapura selalu mengutamakan kebersamaan untuk bisa unggul dalam berbagai kegiatan, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Pihaknya juga menambahkan pada peringatan kali ini diisi dengan kegiatan ekstern dan kegiatan intern. Kegiatan ekstern yakni, Lomba Akademik yaitu lomba mata pelajaran antar siswa SMP se-Bali timur dengan lima mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan IPS, serta Lomba non akademik yakni, Lomba Tari Truna Jaya, Lomba Peragaan Busana Adat Kepura, Lomba Vocal Solo. Sedangkan kegiatan intern meliputi Lomba Kesempurnaan kelas, Lomba Mading, Lomba Poster Digital, Lomba Vidio Ucapan, kegiatan Donor Darah, Bantuan Sosial,Bakti Sosial dan Jalan Santai.

Di lain pihak Kepala Sekolah SMAN 2 Semarapura Wayan Janiarta MPd menyatakan untuk mengimplementasikan Pergub Nomor 80 Tahun 2018 tentang perlindungan dan penggunaan bahasa dan aksara bahasa Bali, SMAN 2 Semarapura merancang satu program yang diberi nama “Weraspati Nuluh Guna”. Program ini untuk memberi kesempatan agar siswa membiasakan diri dalam bentuk mepidarta, darmawacana, puisi bahasa bali, mesatua, sekar alit, sekar madia.

“Sebagai bentuk pengembangan penumbuhan pendidikan karakter kita berikan ruang para siswa dalam bentuk karakter kejujuran, melalui kantin kejujuran di mana anak didik dalam berbelanja mengambil barang mengambil uang kembalian dilakukan sendiri tanpa ada ada yang mengawasi,” katanya.

Sebagai bentuk tanggung jawab sekolah, dalam setiap lomba yang diikuti SMA Negeri 2 Semarapura Klungkung selalu berhasil memperoleh kemenangan, baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Sepanjang tahun 2019 SMAN 2 memperoleh 106 gelar juara, untuk tingkat kabupaten 50 gelar, tingkat provinsi 3 gelar dan tingkat nasional 5 gelar. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.