Basarnas Bali Sumbang 25 Kantong Darah ke PMI

Kegiatan Donor darah Personel Basarnas Bali di Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Jalan Raya Uluwatu nomor 201, Jimbaran, Kabupaten Badung, Rabu (26/2/2020).

JIMBARAN | patrolipost.com – Kepala Kantor Basarnas Bali mendorong personelnya menjadi relawan donor darah. Sebanyak 25 kantong darah terkumpul dalam giat bakti sosial donor darah yang diselenggarakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) yang dilaksanakan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Jalan Raya Uluwatu nomor 201, Jimbaran, Kabupaten Badung, Rabu (26/2/2020).

Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada menerangkan, kegiatan yang bertepatan dengan HUT Basarnas yang jatuh pada 28 Februari 2020 tersebut, Basarnas Bali menyelenggarakan donor darah. Selain dari personel, Basarnas juga mengundang dari pihak instansi lain.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini adalah salah satu rangkaian acara memperingati hari jadi Basarnas ke 48 tahun,” jelas Gede Darmada.

Setiap tahunnya, Basarnas Bali selalu bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali. Sebanyak 5 petugas medis yang terlibat untuk membantu pelaksanaan donor darah kali ini. Dari 27 orang yang mendaftar, ada 25 yang lolos seleksi medis.

Gede Darmada menjelaskan, mendonorkan darah tidak semudah yang dibayangkan karena harus melalui pemeriksaan medis secara bertahap. UTD Palang Merah Indonesia (PMI) Bali menyeleksi kemudian menyaring ketat untuk darah yang masuk dari pendonor. Biasanya hasil donor darah sukarela relatif lebih aman dibandingkan dengan donor darah pengganti. Pendonor sukarela telah memiliki rekam medis di sistem informasi manajemen donor darah (simdondar).

“Biasanya masalah yang sering ditemui dalam darahnya adalah HIV/AIDS, sifilis, hepatitis B dan C, beruntung setelah sekian kali kami menyelenggarakan kegiatan donor darah belum ada laporan adanya hal tersebut,” ungkap Darmada.

Menurutnya aksi donor darah ini merupakan salah satu bentuk nyata kepedulian terhadap sesama, khususnya sebagai insan SAR, dimana tugas pokok dan fungsinya sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan. Aksi donor darah merupakan kegiatan social untuk membantu PMI memenuhi stok darah yang dibutuhkan.

Gede Darmada mengapresiasi peran serta semua pihak dalam menyukseskan kegiatan donor darah tersebut dan ia akan terus mendorong pegawai Basarnas Bali agar rutin menjadi relawan. Beberapa instansi lain yang terlibat diantaranya SAR Samapta Polda Bali, TNI AL, TNI AU, dan relawan radio 115.

“Semoga di tahun-tahun berikutnya relawan pendonor darah bisa bertambah lagi, selain niat membantu, aktifitas donor juga baik untuk kesehatan,” pungkasnya Darmada. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.