Empat Nama Bersaing Memperebutkan Posisi Ketua DPD Gokar Bangli

I Nyoman Basma, I Nyoman Budiada, I Nengah Darsana dan Gusti Made Winuntara.

BANGLI | patrolipost.com – Pemilihan Ketua DPD II Partai Golkar Bangli diprediksi bakal berlangsung seru.  Pasalnya,  empat nama kader  Golkar  yakni  I Nyoman Basma, Nyoman Budiada dan I Nengah Darsana serta Plt  Ketua DPD  Golkar Bangli Gusti Made Winuntara disebut-sebut bakal bersaing merebut posisi Ketua DPD II Partai Golkar Bangli.

Sumber di internal Partai Golkar  keempat nama yang bakal berkompetisi memperebutkan  kusi Ketua DPD Golkar Bangli  masing- masing memilki kelebihan. I Nyoman Basma merupakan kader senior Golkar dan telah empat periode duduk di kursi DPRD Bangli. Selain itu Nyoman Basma  sempat duduk sebagai Ketua DPRD Bangli dua periode, yakni 2004-2009 dan 2014- 2019.

“Kalau melihat  pengalaman dan senioritas politisi asal Desa Suter, Kintamani itu paling  menonjol dibadingkan dengan kader lainya ,” ujar sumber  yang enggan disebutkan Namanya, Rabu (26/2/2020).

Disamping itu jika melihat perolehan suara Pileg,  Nyoman Basma meriah suara terbanyak  dibandingkan dua kader lainnya.

Sementara  I Nengah Darsana  merupakan kader muda Golkar  dan telah dua periode duduk di kursi DPRD Bangli (2009-2014 dan 2014-2019). Bahkan kini Nengah Darsana dipercaya  sebagai Ketua Fraksi Golkar  di DPRD Bangli.  Nilai plus dari  Darsana yakni  jika melihat  struktur partai,  politisi asal Desa Landih, Kecamatan Bangli kini duduk sebagai  Sekretaris DPD II Partai Golkar Bangli.

Sedangkan  Nyoman Budiada  dianggap sebagai kuda hitam  dalam perebutan kursi ketua DPD II Partai Golkar Bangli. Pasalnya,  pergerakan dari Nyoman Budiada sulit terdeteksi.  Buktinya dalam perebutan kursi Wakil Ketua DPRD  Bangli  politisi asal Desa  Satra, Kecamatan Kintamani ini justru  mendapat rekomendasi. Di balik itu Nyoman Budiada dikait-kaitkan memiliki hubungan kedekatan  dengan mantan Plt DPD Golkar Bali, Gde  Sumarjaya  Linggih alias Demer.

Untuk Gusti Made Winuntara  merupakan kader gaek Golkar Bangli. Pria ini sudah berkiprah di Golkar sejak tahun 1970. Karena pengalamanya berorganisasi, Gusti Made Winuntara dipercaya  sebagai pelaksana tugas (Plt)  Ketua DPD Golkar Bangli  oleh  Plt DPD Golkar Bali  Gde Sumajaya Linggih.

Menurut sumber, untuk pemilihan Ketua DPD II Golkar yang masih dijabat seorang  Plt  akan  dilaksanakan lewat Musyawarah  Daerah (Musda)  Kabupaten. Jika merujuk hasil Musda Golkar Bali untuk  pelaksanaan Musda kabupaten paling lambat 3 bulan setelah  pelaksanakan Musda  di provinsi. “Paling lambat bulan Mei sudah digelar Musda untuk memilih Ketua DPD II,” ujarnya.

Sementara untuk pemegang hak suara dalam pemilihan Ketua DPD Golkar Bangli yakni  4 suara dari Pengurus Kecamatan,  DPD II 1 suara, DPD I  1 suara,  organinasisi yang mendirikan  1 suara, organisasi yang didirikan 1 suara dan  sayap partai 1 suara.

“Total ada sembilan  pemegang  hak suara  dalam pemilihan Ketua DPD Golkar Bangli,” jelasnya  seraya menambahkan untuk jadwal Musda  sendiri harus menunggu jadwal dari DPD Golkar Bali.

Terpisah  Sekretaris Golkar Bangli, I Nengah Darsana saat dikonfirmasi apakah dirinya akan ikut maju dalam perebutan posisi Ketua DPD Golkar Bangli, secara diplomatis Darsana mengatakan  sebagai kader siap menjalankan perintah partai. Dan jika  dipercaya sebagai kader siap menjalankan amanah tersebut.

“Sebagai kader saya siap  menjalankan tugas partai,” jelas Nengah Darsana. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.