BPS Bali Sosialisasikan SP 2020 di Makorem 163/Wira Satya

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali sosialisasikan Sensus Penduduk (SP) 2020 di Makorem 163/Wira Satya.

DENPASAR |  patrolipost.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali menyelenggarakan sosialisasi Sensus Penduduk (SP) 2020 di tribun barat Makorem 163/Wira Satya, Denpasar dipimpin Kabid BPS Provinsi Bali Sapto Wintardi, didampingi 3 orang stafnya

Kapenrem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia SS mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BPS Provinsi Bali tetsebut, yang bersinergi dengan Korem 163/Wira Satya melalui Staf Teritorial.

Bacaan Lainnya

“Kita sangat mendukung suksesnya SP 2020 sebagai program nasional untuk melakukan pencatatan satu data kependudukan Indonesia,” ujar Kapenrem, Selasa (25/2/2020).

Menurut Kabid BPS Provinsi Bali Sapto Wintardi, SP 2020 ini berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, dimana mekanisme yang dilakukan secara konvensional atau manual, sehingga petugas harus mendatangi ke rumah-rumah penduduk. Sedangkan dalam SP 2020 kali ini berbasis online, sehingga para penduduk dapat secara mandiri melaporkan data kependudukannya melalui online.

Dengan demikian katanya, fasilitas yang digunakan adalah gadget atau telepon genggam, perangkat komputer atau laptop serta harus terkoneksi dengan internet. Setelah melakukan penjelasan singkat, para peserta sosialisasi yang terdiri dari para personel militer dan PNS Korem 163/Wira Satya mendapatkan arahan pengisian dengan perangkat yang ada serta mengikuti panduan yang ada dalam aplikasi SP 2020.

“Sebagai hal baru memang terlihat seperti susah, tetapi dengan mengikuti panduan, maka pengisian data akan bisa dilakukan dengan baik dan simple. Sosialisasi ini kita lakukan di kalangan TNI-Polri dan ASN juga masyarakat yang memanfaatkan fasilitas, seperti telepon genggam dan sebagainya,” kata Sapto Wintardi.

Ia berharap, pengetahuan pengisian data SP 2020 yang berlangsung sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020 ini dapat ditularkan kepada tetangga atau warga sekitarnya. Dan, sebagai tindak lanjutnya, pada Juli 2020 petugas juga akan mendatangi rumah-rumah warga masyarakat. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.