Kolam Renang Seganing Dilirik untuk Padepokan Pencak Silat

  • Whatsapp
Anggota DPRD Bangli, Dewa Suamba Adnyana.

BANGLI | patrolipost.com – Hampir dua puluh lima tahun kolam renang Seganing  yang berlokasi di Banjar Kawan Kelurahan Kawan Bangli terbengkalai. Saking lamanya tidak terurus menyebabkan beberapa bagian  kolam rusak. Kondisi sama juga terjadi di bangunan ruang ganti. Melihat kondisi tersebut  mengundang keprihatinkan  anggota DPRD  Bangli, Dewa Suamba Adnyana.

Menurut Dewa Suamba, kolam renang tersebut adalah asset daerah dan  karena kekurang pedulian pemerintah asset tersebut justru kini terbengkalai. Daripada terbengkalai  menurutnya asset tesebut bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain.

“Dari pada tidak berfungsi lebih bagus dialih fungsikan saja peruntukannya,” ujar Dewa Suamba  yang notabene Ketua Ikatan Pencak silat Indonesia (IPSI) Bangli.

Selaku Ketua IPSI Bangli memang ada keinginan memanfaatkan  areal kolam renang tersebut  untuk dijadikan padepokan  pencak  silat.  Lokasi yang jauh dari permukiman  dan  didukung suasana alam masih asri serta tidak begitu sulit dijangkau sangat tepat untuk tempat menggembleng atlet pencak silat.

“Tempatnya sangat mendukung untuk dijadikan lokasi padepokan,” sebutnya, Senin (24/2/2020).

Dewa Suamba mengatakan dengan adanya padepokan, proses pembinaan bagi atlet bisa terpusat. Untuk merealisasikan keinginannya tersebut, selaku wakil rakyat  akan  berkoordinasi dengan eksekutif.

“Nanti kami akan kordinasi dengan eksekutif terutama terkait aset,” sebutnya.

Sebut Dewa Suamba untuk mendirikan padepokan maka bangunan kolam renang harus diurug, toh kalau kembali dimanfaatkan untuk kolam sudah tidak memungkinkan lagi  karena kondisi kolam sudah hancur. Seandainya keinginanya bisa terealiasasi, keberadaan padepokan bisa menjadi salah satu objek wisata.

“Lokasinya berdekatan dengan petirtaan Arca sehingga sangat  berpeluang untuk dijadikan obyek wisata spiritual,” sebut anggota komisi I DPRD Bangli ini.

Sementara disinggung terkait  perkembangan  cabor pencak silat, kata Dewa Suamba IPSI membawahi dua aliran bela diri yakni Bakti Negara dan Perisai Diri. Untuk jumlah atlet khususnya dari aliran Bakti Negara mencapai ratusan atlet. Bahkan yang membanggakan beberpa atlet pencak silat Bakti Negara asal Bangli mampu meriah prestasi dari tingkat  provinsi, nasional bahkan level dunia.

“Untuk bisa mencetak atlet berprestasi tentu perlu dukungan dari pemerintah kaitannya untuk pembinaan atlet,” sebut  Dewa Suamba Negara. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *