Dermaga Mertasari Sepi Akibat Menghilangnya Turis China

Suasana Dermaga Mertasari Sanur, Sabtu (22/2/2020) dan Kru Nacha Fastboat Wayan Suardiana.

DENPASAR | patrolipost.com –  Akibat menghilangnya turis asal China atau Tiongkok, membuat aktivitas penyeberangan ke Nusa Penida dan Nusa Lembongan di Dermaga Mertasari, Sanur mengalami penurunan jumlah penumpang. Merosotnya jumlah penumpang diakui kru kapal cepat tujuan Nusa Penida dan Nusa Lembongan di Dermaga Mertasari Sanur, Sabtu (22/2/2020).

Suasana Dermaga Mertasari Denpasar, kini tampak berbeda. Dermaga sepanjang kurang lebih 150 meter ini yang biasanya weekend ramai dipadati wisatawan termasuk turis asal China, kini sepi dan tidak terlihat adanya aktivitas wisatawan yang akan menyeberang.

Bacaan Lainnya

Kondisi sepi tidak adanya wisawatan China ini diakui oleh beberapa kru kapal cepat tujuan Nusa Penida. Menurut mereka sejak adanya virus Corona, kunjungan wisatawan menurun drastis.

Sebelumnya, Dermaga Mertasari selalu ramai didatangi wisatawan asal China yang akan menyeberang ke Pulau Nusa Penida dan Pulau Nusa Lembongan. Rata-rata jumlah wisatawan yang akan menyeberang mencapai 100 sampai 200 orang perhari, yang lebih didominasi rombongan turis asal China.

“Belakangan ini jumlah penumpang sedikit, kapal memuat 15 orang, kadang 10 orang dan kemarin sempat penumpangnya hanya 2 orang,” ujar Wayan Suardiana, salah satu kru Nacha Fastboat kepada patrolipost.com di Dermaga Mertasari, Sabtu (22/2/2020).

Wayan Suardiana (20) menerangkan, sejak tidak adanya turis China di Bali, kapal yang memiliki jadwal keberangkatan pukul 08.30 Wita dan pulang pukul 17.30 Wita ini baru sekali membawa penumpang sejumlah 72 orang.

“Hari ini penumpangnya hanya berjumlah 72 orang. Ini pertama kali sejak ngga ada turis China,” imbuhnya.

Meski demikian, Suardiana dan sejumlah kru di sana tetap beraktivitas dan melayani para wisatawan lokal maupun asing yang hendak menyeberang. Ia juga mengatakan lebih baik sepi daripada dilanda rasa khawatir dengan adanya turis yang membawa virus Corona.

“Saya juga waswas  merebaknya virus Corona, lebih baik begini sajalah yang penting tidak terjadi apa-apa (khawatir tertular, red),” pungkasnya.

Dermaga Mertasari merupakan penyeberangan alternatif dari beberapa dermaga yang ada di Bali bagi turis yang ingin menyeberang ke Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Dermaga Mertasari yang terkenal akan keindahannya ini berdiri diantara pohon cemara serta terletak di bagian Barat Pantai Mertasari dan di bagian Timur Pantai Dreamland. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.