Pangdam: Setiap Prajurit Harus Paham Tupok TNI AD

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto SIP, menyerahkan sertifikat kelulusan peserta Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD TA 2019 di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Kediri, Tabanan, Sabtu (22/2/2020).

TABANAN |  patrolipost.com – Selain senantiasa memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI, sikap dan perilaku seorang prajurit dituntut harus mengerti dan memahami tentang tugas pokok (tupok) TNI Angkatan Darat (AD).

Demikian ditegaskan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto SIP, saat Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD TA 2019 yang berjumlah 338 prajurit berpangkat Sersan Dua (Serda) di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Kediri, Tabanan, Sabtu (22/2/2020).

Bacaan Lainnya

Satu tahapan pendidikan telah dilewati dengan baik oleh prajurit TNI AD, sekalipun masih harus mengikuti pendidikan kecabangan selanjutnya. Sebagai seorang Bintara tentu harus siap mengemban tugas-tugas negara serta sigap dalam menghadapi berbagai tantangan penugasan seberat apapun.

“Selanjutnya, kalian akan segera mengikuti pendidikan sesuai kecabangan masing-masing. Oleh karena itu, tetap siapkan fisik dan mental kalian dalam rangka menghadapi pendidikan kecabangan nanti,” ujar Pangdam.

Keberhasilan dalam menyelesaikan pendidikan pertama di Rindam IX/Udayana ini mengantarkan mereka menjadi seorang Bintara remaja. “Jadikan kehormatan dan kebanggaan yang kalian raih dan miliki pada saat ini sebagai sumber motivasi dan semangat untuk berbuat yang terbaik dalam rangka mengikuti pendidikan selanjutnya,” perintah Jenderal Benny Susianto.

Usai mengikuti upacara penutupan dan pengambilan Sumpah Prajurit dilanjutkan dengan acara tambahan berupa demonstrasi bongkar pasang senjata, simulasi serangan, simulasi halang rintang (HR), bela diri militer, (BDM) tari Jai dan yel-yel yang diperagakan oleh para prajurit Bintara yang baru dilantik.

Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, SIP, menambahkan, ratusan prajurit Bintara TNI AD ini telah mengikuti proses pendidikan selama 5 bulan, yaitu pada 3 bulan pertama melaksanakan pendidikan tahap dasar prajurit dan 2 bulan selanjutnya melaksanakan pendidikan tahap dasar golongan Bintara.

Hasil akhir dari proses tersebut diperoleh nilai tertinggi pada aspek Tri Pola Dasar (sikap dan perilaku, pengetahuan dan keterampilan, serta jasmani militer). “Masing-masing, Serda I Kadek Rinda Arika, yang meraih nilai tertinggi pada aspek sikap dan perilaku. Selanjutnya, Serda I Gede Junawan Haris S, yang mendapatkan nilai tertinggi pada aspek pengetahuan dan keterampilan serta aspek jasmani, sehingga dari akumulasi ketiga aspek (Tri Pola Dasar) tersebut diraih oleh Serda I Gede Junawan Haris S,” jelas Kapendam.

Turut hadir pada upacara tersebut, Kasdam IX/Uday,ana Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli dan para Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrindam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, beberapa Komandan/Kabalakdam IX/Udayana, LO AL, LO AU, Ketua Pengadilan Negeri dan Sekda Kabupaten Tabanan.

Termasuk, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD IX/Udayana dan Ketua Persit KCK Cabang X Rindam IX/Udayana (masing-masing beserta pengurus), Ketua MK RI Dr Anwar Usman, SH, MH, serta para orangtua/keluarga dari seluruh prajurit Bintara yang baru dilantik. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.