Ratusan Mahasiswa UTI Gelar Baksos di Ungasan

Foto bersama mahasiswa UTI usai melaksanakan baksos di Desa Ungasan.

UNGASAN | patrolipost.com – Sebagai wujud nyata implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, ratusan Mahasiswa Universitas Teknologi Indonesia  (UTI) turut berpartisipasi dalam melaksanakan bakti sosial (baksos) di Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Minggu (16/2/2020).

Ketua Panitia Baksos UTI, Luh Putu Widhiari ST MT mengatakan, kegiatan baksos kali ini mengambil tema “Peran Generasi Milenial dalam Mewujudkan Lingkungan Hijau dan Sehat”. Diikuti 706 mahasiswa dari 8 fakultas diantaranya, Fakultas Hukum, Ekonomi, Fisip, Teknik Industri, Teknik Informatika, Pertanian, Teknik Sipil, dan Sastra Inggris.

Bacaan Lainnya

Di sela kegiatan baksos, pihak Kampus UTI juga melakukan penandatanganan nota kesepahamam (memorandum of understanding/MoU), antara UTI dengan Desa Adat Ungasan dalam bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM). Serta penyerahan tong sampah sebagai bentuk komitmen dan kontribusi UTI dalam mendukung program kebersihan lingkugan di Desa Ungasan.

Kegiatan yang juga diikuti dosen serta pegawai  di lingkungan UTI tersebut dilaksanakan di beberapa titik lokasi, seperti di Pantai Melasti, areal pasar Desa Ungasan, Pura Desa dan area SMPN 2 Kuta Selatan nenuju Jimbaran Hill yang terbagi dalam tiga kelompok. Berbekal berbagai alat kebersihan, ratusan mahasiswa UTI (dari semester dua, empat, enam, dan delapan) terlihat sangat antusias melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan dengan memunguti sampah organik dan non-organik.

Rektor UTI, I Ketut Sena SH MH menuturkan, bulan Februari ini merupakan bulan bakti sosial bagi UTI. Sebelumnya, kegiatan baksos serupa juga dilaksanakan di Pura Penataran Agung Lempuyang, Karangasem.

“Acara bakti sosial ini merupakan implementasi nyata Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya bidang pengabdian kepada masyarakat. Setelah dilaksanakan baksos ini, sesuai MoU dengan Desa Ungasan, Universitas Teknologi Indonesia akan menempatkan mahasiswanya untuk melaksanakan penelitian dan magang di berbagai usaha serta kantor desa di Ungasan,” ujar Rektor UTI.

Ketut Sena menambahkan, sesuai dengan tema baksos kali ini, diharapkan peran generasi milenial dapat mewujudkan lingkungan yang hijau dan sehat. Juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran mahasiswa sebagai generasi penerus untuk sadar dan peduli terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar.

Perbekel Desa Ungasan Made Kari SH mengapresiasi kegiatan baksos yang digelar pihak UTI di Desa Ungasan. Hal ini sebagai tahapan awal dan tindak lanjut hasil MoU antara UTI dan Desa Ungasan.

Ke depannya, diharapkan dapat membawa dampak positif dan bisa saling bersinergi antara Desa Ungasan dan UTI, sehingga saling berkontribusi dalam pengembangan SDM dan potensi sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Desa Ungasan. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.