Menkes dan Kepala BNPB Jemput WNI di Natuna

Menkes RI dr Terawan hari ini menjemput WNI yang menjalani observasi di Natuna. (Antara)

JAKARTA | patrolipost.com – Menteri Kesehatan RI dr Terawan Agus Putranto dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Sabtu (15/2/2020)  berangkat dari Jakarta untuk menjemput warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China yang diobservasi di Kepulauan Natuna, Riau. Hari ini mereka dipulangkan ke keluarga masing-masing.

“Hari ini hari yang berbahagia jadi kita semua sampai detik ini laporannya semua sehat. Jadi pada hari ini pukul 12.00 tanggal 15 Februari tepat waktu 14 hari masa observasi seperti yang ditentukan oleh WHO,” kata Menkes Terawan ketika ditemui sebelum berangkat ke Kepulauan Natuna dari Bandara Halim Perdanakusuma dilansir Antara, Sabtu (15/2) pagi.

Bacaan Lainnya

Total 238 WNI dari episenter penyebaran virus corona di Wuhan, China dievakuasi dan menjalani observasi di Kepulauan Natuna selama 14 hari untuk memastikan mereka tidak menunjukkan gejala-gejala penyakit tersebut.

Menurut Terawan, setelah dipastikan negatif corona mereka akan langsung dipulangkan ke daerah masing-masing. Tiket perjalanan sudah diberikan ke daerah tujuan para WNI tersebut.

Selanjutnya, di daerah masing-masing mereka akan diperiksa secara berkala untuk memastikan kondisi mereka tetap sehat.

“Setelah pulang kita minta untuk dinas kesehatan memantau, namanya surveillance tracking. Itu terus dikerjakan, itu otomatis,” kata Menkes.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga mengatakan bahwa seluruh WNI yang menjalani observasi di Natuna dalam kondisi sehat. Dia meminta agar masyarakat menerima mereka sebagai orang yang sehat. Sebab, sesuai standarisasi yang dibuat WHO, pemerintah Indonesia sudah melaksanakan observasi sesuai standar tersebut. (807)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.