Jelang Galungan, Pemkab Gianyar Gelar Pasar Tani

Bupati Mahayastra didampingi istri berbelanja di pasar tani, Kamis (13/2/2020).

GIANYAR | patrolipost.com – Berbagai kebutuhan pokok naik menjelang hari raya, itu sudah pasti terjadi. Namun bagaimana upaya menekan harga agar tidak terjadi lonjakan terlalu tinggi, pasar tani adalah salah satu solusinya.

“Kita cari moment pelaksanaan pasar tani bertepatan dengan hari raya Galungan dan Kuningan, karena kita sadari beberapa kebutuhan pokok dan upakara beberapa hari ini sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan,” kata Bupati Gianyar Made Mahayastra saat meninjau pelaksanaan pasar tani yang diadakan di tempat parkir sebelah Utara Pasar umum Gianyar, Kamis (13/2/2020).

Bacaan Lainnya

Bupati Mahayastra yang didampingi Ketua TP PKK Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra, juga tampak memborong beberapa kebutuhan hari raya seperti buah-buahan, dupa, kue dan lain-lainnya yang dijual di pasar tani. Karena menurut Bupati Mahayastra selain barang-barang yang dijual kualitasnya bagus,  dengan pasar tani ini semua diuntungkan. Karena dapat memperpendek mata rantai pemasaran produk pertanian, sehingga nilai jual produk pertanian yang dihasilkan petani menjadi lebih tinggi.

Melalui pasar tani, petani dan konsumen bisa sama-sama diuntungkan, petani bisa menjual dengan harga yang lebih baik, sedangkan konsumen atau masyarakat bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan kualitas terjamin.

“Jadi disini semua diuntungkan, petani diuntungkan karena bisa langsung memasarkan produknya, dan masyarakat pun senang karena bisa membeli langsung dari petani, tentu harga lebih murah,” imbuh Bupati Mahayastra.

Sementar itu Kadis Pertanian Kabupaten Gianyar, Ir I Made Raka mengatakan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pasar tani kali inipun diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan TP PKK Gianyar. Petani yang ikut berpartisipasi adalah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Nelayan Andalan yang ada di 7 kecamatan di Kabupaten Gianyar.

Ada beberapa produk pertanian yang dipasarkan seperti pisang, jeruk, sayuran, janur, dupa dan beberapa produk kebutuhan upakara menjelang hari raya. Dari Disperindag dijual sembako bekerjasa sama dengan Perum Bulog Bali, dan dari TP PKK Gianyar dijual beberapa kue-kue kering khas hari raya.

Made Raka juga menambahkan, pelaksanaan pasar tani kali ini mengambil tempat di tempat parkir sebelah Utara pasar Umum Gianyar, karena ada keinginan agar masyarakat umum bisa ikut menikmati pasar tani.

Jika di tahun-tahun sebelumnya pasar tani diadakan di halaman Kantor Bupati Gianyar, menurut I Made Raka, yang membeli terbatas dari kalangan pengawai saja. Namun kini, masyarakat umum pun bisa menikmati terbukti dari membludaknya pembeli sejak mulai dibuka pada pukul 06.00 Wita.  (hms)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.