Banjir Susulan, Banjar Ulundanu Kembali Ditutupi Lumpur dan Pasir

  • Whatsapp
Proses pengerukan material yang menutupi akses jalan di wilayah Banjar Ulundanu, Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Bangli.

BANGLI | patrolipost.com – Belum tuntas tim gabungan membersihkan ruas jalan di Banjar Ulundanu Desa Songan, Kecamatan Kintamani dari  material yang terbawa saat banjir bandang beberapa hari yang lalu, akses jalan tersebut kembali dipenuhi material berupa lumpur maupun pasir. Karena kembali dipenuhi tumpukan lumpur dan pasir, petugas kembali melakukan pengerukan.

Kabid Sarana dan Prasana Dinas PUPR Perkim Bangli, Putu Dedy Upariawan mengatakan, pengerukan material yang terbawa saat banjir bandang lalu hampir rampung. Hanya saja pada Selasa (11/2/2020) siang kembali terjadi hujan. Kemudian jalur yang tadinya sudah dibersihkan kembali tertutup material yang terbawa air.

Muat Lebih

“Kemarin debit air cukup besar, dan saat air surut, akses jalan kembali tertutup material berupa lumpur bercampur pasir dengan ketebalan 30 cm,” jelasnya, Rabu (12/2/2020).

Karena akses jalan kembali tertutup, maka proses pembersihan membutuhkan waktu lebih lama. “Diulang kembali melakukan pengerukan,” ujarnya. Jika hujan kembali turun, tidak menutup kemungkinan banjir kembali terjadi. Begitu pula akses jalan kembali tertutup material yang terbawa air.

Sementara itu, untuk pembersihan material tersebut, kata Putu Dedy, diperkirakan pengerjaan tuntas pada Kamis depan. Diakui, untuk pembersahan di jalan utama bisa menggunakan alat berat sehingga proses lebih cepat, namun untuk di rumah-rumah warga harus menggunakan alat manual.

“Alat berat terbatas pergeraknya, untuk areal jalan menuju perumahan pemberisahan dilakukan secara  manual,” sebutnya.

Disinggung terkait antisipasi banjir susulan dengan menyiagakan alat berat di Desa Songan, Putu Dedy mengaku masih akan berkoordinasi dengan BPBD Bangli.

“Kami koordinasikan kembali, apa alat beratnya ditempatkan di sini atau seperti apa,” jelasnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *