Waduh! 440 Warga Klungkung Terjangkit HIV/AIDS

  • Whatsapp
Wabup Made Kasta hadiri kunjungan kerja KPA Klungkung ke Puskesmas Klungkung II.

SEMARAPURA | patrolipost.com – Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Klungkung Wayan Sumanaya menjelaskan, sejak 1987 sampai 2019, sedikitnya 440 warga Klungkung terpapar HIV/AIDS. Jumlah itu dipastikan lebih banyak lagi karena masih banyak penderita yang enggan atau malu berobat.

”Yang saya ketahui sesuai data komulatif sampai Juni 2019 ini memang ada sekitar 440 orang di Kabupaten Klungkung yang terpapar HIV/AIDS,” sebut Sumanaya di sela kunjungan KPA Klungkung ke Puskesmas Klungkung II, Desa Selat, Selasa (11/2/2020).

Sementara itu Kepala UPT Puskesmas Klungkung II drg Ni Kadek Asri Susanti Dewi menyampaikan, Puskesmas Klungkung II sudah mengidentifikasi 23 kasus yang terjangkit HIV/AIDS, dan tahun 2019 lalu satu yang meninggal dunia. Oleh karena itu Asri Susanti berharap dengan adanya kunjungan KPA ke puskesmas, tenaga medis yang ada mendapatkan arahan dan bimbingan dari Tim KPA untuk cara-cara mencegah penyakit tersebut.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini nantinya bisa memberikan informasi yang baik, sehingga ke depan seluruh masyarakat khususnya Kabupaten Klungkung bisa hidup sehat dan terhindar dari penyakit yang berbahaya tersebut,” harapnya.

Sekretaris KPA Kabupaten Klungkung Wayan Sumanaya menyampaikan, semua Pukesmas yang ada di Kabupaten Klungkung sekarang sudah mampu melakukan pengobatan penyakit HIV/AIDS. Sebelumnya program kunker ini juga sudah dilaksanakan di Puskesmas Dawan 1 beberapa hari yang lalu.

“Kunjungan ini diisi dengan pembekalan dari petugas KPA di masing-masing Puskesmas khususnya Kabupaten Klungkung. Mari bersama-sama jauhi penyakit HIV/AIDS dan selalu jaga pola hidup yang sehat,” pinta Wayan Sumananya kepada seluruh masyarakat.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta yang ikut menghadiri kunjungan kerja KPA Klungkung ke Puskesmas Puskesmas Klungkung II, meminta agar selalu menjaga koordinasi yang baik antara Tim KPA dengan Puskesmas dalam menanggulangi penularan HIV/AIDS.

Wabup Kasta selaku Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klungkung menyambut baik kunjungan kerja KPA ini. Wabup Kasta berharap dari kunjungan ini bisa nantinya lebih memberikan dampak yang positif kepada masyarakat terutama mengenai informasi pencegahan penyakit HIV/AIDS (ODHA).

“Semoga dengan adanya kunker dari KPA ini nantinya bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, dan selalu jaga koordinasi yang baik antara tim KPA dengan Puskesmas masing-masing Puskesmas di Kabupaten Klungkung,” harap Wabup Kasta.

Lebih lanjut, Wabup Kasta juga menambahkan agar nantinya seluruh tim dari KPA maupun Puskesmas bisa menyosialisasikan program-program yang akan dilaksanakan tersebut ke masing-masing desa. Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi pencegahan penyakit HIV/AIDS agar masyarakat bisa terhindar dari penyakit yang belum ada obatnya tersebut.

Acara kunjungan kerja tersebut juga dihadiri Kepala UPT Puskesmas Klungkung II drg Ni Kadek Asri Susanti Dewi, serta instansi terkait lainnya.(855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *