Nusa Penida Tuan Rumah Kejuaraan Red Bull Cliff Diving

  • Whatsapp
Nusa Penida rencananya dipilih sebagai lokasi kejuaraan Red Bull Cliff Diving internasional.

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bergulirnya rencana digelarnya Kejuaraan Red Bull Cliff Diving di kawasan Nusa Penida disambut Pemkab Klungkung utamanya Dinas Pariwisata Klungkung. Kadis Pariwisata Klungkung Drs Nengah Sukasta menyambut baik rencana kejuaraan internasional yang bakal digelar di Nusa Penida ini. S

ukasta ketika ditemui Jumat (7/2/2020) menyatakan sebelumnya memang dari pihak sponsor panitia Lomba Red Bull Cliff Diving sempat menghadap Bupati Klungkung Nyoman Suwirta di ruang kerjanya untuk menyampaikan keinginan penyelenggaraan kejuaraan tersebut di Nusa Penida.

Muat Lebih

”Saya sempat mengantar keinginan panitia kejuaraan Red Bull Cliff Diving ini menghadap Bupati di ruang kerjanya. Namun saat itu baru sifatnya permohonan, Jika benar nantinya digelar di Nusa Penida hal ini akan berdampak positif bagi dunia pariwisata Klungkung yang belakangan ini terhambat oleh penyebaran virus Corona ini,” ujar Nengah Sukasta, mantan bendesa Adat Kemoning.

Seperti dikutip dari laman Liputan6 dimana disebutkan Indonesia untuk pertama kalinya dipilih menjadi lokasi kompetisi lompat tebing dunia yang dipromotori oleh Red Bull Cliff Diving. Nusa Penida di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan.

Kompetisi ini akan diselenggarakan pada 16 Mei 2020. Red Bull Cliff Diving 2020 merupakan kompetisi gelaran ke-12 yang sudah dimulai sejak 2009 dan akan diikuti oleh para atlet dari 18 negara.

Olahraga terjun bebas ini dilakukan dengan loncatan, putaran dan bersalto tanpa perlindungan dari ketinggian sekitar 27 meter. Dilain pihak Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyambut baik dan merasa bangga akan terpilihnya Nusa Penida sebagai salah satu lokasi berlangsungnya kompetisi ini.

“Kami bangga, Nusa Penida kini mulai dikenal dunia dengan kondisi alam yang cocok untuk dijadikan arena kompetisi lompat tebing tingkat internasional,” ujarnya baru-baru ini.

Ditambahkannya  menurutnya Nusa Penida memang memiliki pantai dengan tebing yang unik dan pemandangannya yang tidak kalah indah dibandingkan dengan pantai-pantai dunia lainnya.Bupati Suwirta berharap dengan diadakannya kegiatan kompetisi international ini, dapat memperkenalkan Kabupaten Klungkung ke seluruh belahan dunia,utamanya destinasi wisata Nusa Penida.

Saya berharap, dengan diadakannya acara ini merupakan sebuah peluang dalam menarik perhatian para pendatang atau wisatawan,” harapnya.

Sementara Direktur Olahraga Red Bull Cliff Diving World Greg Louganis mengatakan, tempat-tempat itu menjadi ikon di laut, danau atau sungai di seluruh Asia, Eropa, Amerika Utara dan Australia untuk memahkotai dua juara baru.

“World Series Wanita diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 2014. Total ada delapan kali kompetisi di seluruh dunia untuk seri dunia ini. Kompetisi ini juga menampilkan peloncat elit serta bakat-bakat muda,” jelasnya.

Sebelumnya Hostelworld juga menyatakan Pulau Nusa Penida menjadi salah satu destinasi backpacker urutan pertama di 2020. Pemesanan akomodasi ke pulau ini mengalami peningkatan jumlah wisatawan asing. Pencapaian tersebut meningkat hingga 610 persen selama 2019.

Di tahun 2020 ini, Red Bull Cliff Diving World Series memiliki tiga lokasi baru. Lokasi baru tahun ini adalah Bali – Indonesia, ibukota Norwegia – Oslo dan Australia.Bali mendapat kehormatan menjadi tuan rumah seri pertama Red Bull Cliff Diving World Series 2020. Ajang ini akan dilangsungkan di dua tempat yakni Aling Aling Canyon dan Nusa Penida. (805)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *