Pohon Tumbang Timpa Kendaraan dan Pemotor

  • Whatsapp
Hujan yang disertai angin pada Sabtu malam hingga Minggu siang menyebabkan pohon tumbang dan menimpa kendaraan dan pengguna jalan yang melintas. 

NEGARA | patrolipost.com – Hujan yang mengguyur wilayah Jembrana, Sabtu (8/2) malam hingga Minggu (9/2) siang menyebabkan sejumlah kerusakan. Kendati hujan tidak terlalu deras, namun angin kencang yang terjadi bersamaan menyebabkan pohon tumbang di beberapa lokasi. Selain menimpa kendaraan, pohon tumbang juga menimpa pengguna jalan yang melintas.

Beberapa jam hujan mengguyur, sebuah pohon perindang di sisi timur Taman Pecangakan Jembrana, Jalan Surapati, Kelurahan Dauhwaru, Jembrana tumbang. Pohon jenis Flamboyan tersebut tumbang ke arah jalan menuju Komplek Civic Center Pecangakan Jembrana. Saat kejadian sejumlah kendaraan warga sedang terparkir di pinggir jalan. Akibatnya sejumlah kendaraan bermotor yang parkir tersebut rusak tertimpa pohon berukuran besar yang tumbang tersebut.

Muat Lebih

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Sebab, saat pohon tumbang yang menutup badan jalan tersebut, beberapa warga yang sedang mengunjungi taman di depan Kantor Bupati Jembrana itu sedang berteduh di lokasi yang cukup jauh.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Jembrana, I Ketut Eko Susila Artha Permana dikonfirmasi Minggu (9/2/2020) mengatakan, petugas BPBD menerima laporan terkait kejadian pohon tumbang di Taman Pecangakan sekitar pukul 22.00 Wita dari salah seorang pemilik rumah makan yang berlokasi tidak jauh dari tempat kejadian.

Ia mengakui curah hujan memang tidak terlalu deras, namun tiupan angin cukup kencang sehingga musibah lebih diakibatkan oleh angin kencang. Dikatakan pohon setinggi kurang lebih 18 meter dan diameter 80 cm tersebut diduga ambruk setelah tertiup angin yang saat itu cukup kencang.

“Angin kencang sehingga pohon tumbang dan menimpa beberapa unit sepeda motor,” ujar Eko. Tim reaksi cepat (TRC) dari BPBD Jembrana langsung turun mengevakuasi dahan dan batang pohon Flamboyan tumbang tersebut.

Sedangkan hujan yang disertai angin yang masih mengguyur hingga Minggu (9/2/2020) siang kembali menyebabkan pohon tumbang. Bahkan seorang pengguna jalan yang melintas tertimpa pohon yang tumbang di Jalan Nasional Denpasar Gilimanuk KM 122 – 123 Hutan Cekik.

Kasat Lantas Polres Jembrana Iptu Shinta Ayu Pramesti dikonfirmasi mengatakan, kejadian pengendara tertimpa pohon tumbang tersebut terjadi pada Minggu pagi sekitar pukul 05.30 Wita. “TKPnya di jalur yang melalui hutan di sebelah barat makam Mbah Temon” ujarnya.

Korbannya seorang pemotor, Wargono (38) asal Desa Pekauman, Kecamatan Tegal Barat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Saat itu pengendara sepeda motor Honda Supra DK 3255 EO yang kembali ke Bali dari kampung halamannya tersebut bergerak dari arah Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk menuju arah Denpasar dalam kondusi cuaca hujan gerimis. Tiba – tiba sebuah pohon berusia tua dan berukuran besar tumbang dan menimpa kendaraan tersebut.

“Korban mengalami patah kaki, sudah dirujuk ke rumah sakit,” tandas Ayu Pramesti. (571)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *