Siswa SMP PGRI 3 Denpasar Sumbang 2 Medali Perak dari Thailand

  • Whatsapp
Tim SMP PGRI 3 Denpasar berhasil menyumbang 2 medali dari ajang Thailand Inventors Day (TID) 2020.

DENPASAR | patrolipost.com – Dua medali perah dipersembahkan siswa PGRI 3 Denpasar dalam ajang lomba penelitian internasional yang diadakan National Research Council of Thailand. Ke-2 medali tersebut berhasil diraihnya berkat penelitian Tamba Gula (suplemen penurun kadar gula bagi penderita diabetes) dan Nyegeran (suplemen penambah stamina tubuh) yang ditampilkan siswa kelas 8 Spiga dalam Thailand Inventors Day (TID) 2020.

Lomba penelitian internasional ini merupakan pengalaman kedua bagi sekolah yang dipimpin oleh Dr I Made Suada, MM, MSi ini. Menanggapi perolehan yang diraih peserta didiknya, kepala sekolah yang kini berusia 70 tahun mengaku bangga dan bersyukur atas capaian salah satu ektrakurikulernya tersebut.

“Dengan pengalaman yang sangat berharga yang mereka (tim penelitian-red) peroleh di Thailand, saya rasa dan pandang sangat bermanfaat bagi mereka dalam menjalankan hidupnya di masa mendatang. Kalau dihitung dengan uang, saya rasa tidak dapat digadaikan sebanyak apapun uang itu. Ya kita harap anak-anak mendapat hikmahnya,” tutur Suada.

Di balik kegembiraan yang menyelimuti tim PGRI 3, Chandra Widayanti SPd, guru bahasa Inggris di sekolah dengan 1.016 siswa ini rela meninggalkan kesempatan tes CPNS demi mendampingi siswanya berlaga di Thailand. Dirinya menghabiskan waktu mengerjakan karya hingga larut petang dan berulang dalam beberapa hari.

Dia juga rela berjualan es krim dan jajanan tradisional untuk bekal biaya mengikuti lomba ke Thailand. Kerja keras dan keringat yang dikucurkannya, kini sudah berbuah manis dengan keberhasilan anak didiknya mempersembahkan medali perak.

Selain itu, melalui Whatsapp Zabrina Putri dan Revalia Santosa, dua siswi yang memperkuat tim PGRI 3 Denpasar mengisahkan dirinya yang memeroleh teman baru dari berbegai negara peserta lomba.

“Intinya yang paling berkesan adalah kita bisa ikut lomba internasional, dan sukses meraih medali perak,” ungkap Reva. (rls)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *