BREAKING NEWS: Banjir Lumpur Rendam 30 Rumah di Ulundanu

Kendaraan yang tertimbun lumpur akibat banjir bandang di Desa Ulundanu.

BANGLI | patrolipost.com – Banjir bandang menerjang wilayah Banjar Ulundanu, tepatnya akses/jalur menuju Pura Ulun Danu Batur, Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Bangli, Jumat (7/2/2020). Akibat banjir bandang, sedikitnya 30 rumah warga terendam air serta lumpur.

Selain itu kendaraan warga yang terparkir di pinggir jalan juga ikut terendam. Banjir bandang terjadi pasca hujan deras yang melanda wilayah Kintamani.

Bacaan Lainnya

Perbekel Desa Songan A, I Ketut Artawa mengungkapkan, banjir bandang terjadi sore hari sekitar pukul 15.00 Wita. Hingga Jumat (7/2/2020) malam belum diketahui pasti berapa jumlah rumah yang terendam air dengan lumpur, maupun kendaraan warga yang juga ikut terendam.

“Saat kami sampai di lokasi, air masih besar sehingga kami belum bisa sampai ke rumah warga yang terdampak. Sampai saat ini belum dapat dipastikan jumlah warga yang terdampak,” ungkapnya.

Sementara itu, Jumat malam air mulai surut, hanya saja warga tidak bisa berbuat banyak, lantaran sebagian jaringan listrik terputus.

“Sebagian listrik menyala dan sebagian padam. Ini akibat kabel tertimpa pohon,” sebutnya. Menurut Ketut Artawa, untuk warga yang terdampak banjir, untuk sementara mengungsi di rumah kerabat terdekat. “Warga yang rumahnya terendam, sementara ini mengungsi di rumah kerabatnya,” jelas Ketut Artawa.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Bangli Ketut Gede Wiredana mengatakan akses jalan Banjar Ulundanu tertutup material banjir bandang setinggi 1 meter. Kemudian rumah warga yang terendam sekitar 30 kepala keluarga (KK).

“Dampak material lumpur hampir sepinggang orang dewasa. Warga yang terdampak saat ini mengungsi ke rumah kerabatnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Ketut Wiredana upaya yang dilakukan memberikan imbauan kepada warga agar tetap waspada.

“Karena pertimbangan situasi sehingga kami sarankan untuk tetap waspada,” sebutnya. Kemudian untuk evakuasi material, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR Perkim Bangli untuk menurunkan alat berat.

“Kami akan gotong royong untuk melakukan evakuasi meterial yang terbawa banjir,” terangnya. Sementara hingga Jumat malam hujan masih melanda wilayah Desa Songan. (750)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.