Peringati HPN, PWMB Ajak Siswa SMK Sharing Jurnalistik

Salah satu anggota PWMB sedang melakukan sharing jurnalistik bersama siswa SMK Bina Mandiri yang terletak di Desa Nggorang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Kamis (6/2/2020).

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada 9 Februari 2020 mendatang, dimanfaatkan oleh sejumlah wartawan di Kabupaten Mangarai Barat yang tergabung dalam Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB) dengan menggelar kegiatan sharing jurnalistik di SMK Bina Mandiri, Desa Nggorang, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Kamis (6/2/2020).

Kegiatan bertujuan agar dapat menumbuhkan niat dan motivasi dari para siswa dalam mengenal dan menggeluti bidang jurnalistik. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan menumbuhkan kembali budaya literasi anak bangsa yang akhir-akhir ini semakin ditinggalkan.

Ketua PWMB, Servatinus Mammilianus menuturkan bahwa kegiatan sharing jurnalistik ini merupakan salah satu rangkaian dari acara HPN.

“Kita akan menggelar beberapa kegiatan pada Hari Pers nanti dan hari ini kita sharing jurnalistik untuk  menumbuhkan minat menulis dan mampu menambah pengetahuan para siswa. Jadi kita perlu berbagi ilmu dengan para siswa terkait bagaimana menulis berita yang baik dan benar, minimal dasar-dasarnya saja,” papar Servatinus.

Dalam kegiatan ini, tiap anggota PWMB yang merupakan gabungan dari wartawan media online, cetak dan televisi memberikan beberapa materi pelatihan yang berkaitan langsung dengan tindak tanduk wartawan ketika berada di lokasi saat meliputi berita.

Rizal, wartawan media online floreseditorial.com, yang turut memberikan materi serta tips-tips yang berkaitan dengan kerja jurnalistik lebih menekankan pentingnya kode etik profesi wartawan dalam menjalankan tugasnya.

“Kita mempunyai tugas untuk menyalurkan informasi atau berita, tetapi kita juga memiliki etika dalam menulis berita, semisalnya keseimbangan informasi narasumber, profesionalisme, jujur dan independen” jelasnya.

Dionisius Rajen, Kepala sekolah SMK Bina Mandiri,  sangat mengapresiasi kegiatan PWMB yang memilih SMK Bina Mandiri melakukan kegiatan sharing jurnalistik.

“Hal ini sangat bermanfaat buat mereka, khususnya mengetahui dasar dasar dalam menulis dan memahami konsep dasar menulis itu sendiri. Selain itu mereka juga akan belajar bagaimana cara menilai untuk membedakan sebuah berita yang berkualitas atau tidak,” ujar Dionisius.

Selain sharing jurnalistik bersama siswa siswa SMK Bina Mandiri, PWMB bersama pihak sekolah akan melakukan kegiatan pemugaran 2 buah ruangan kelas yang dinilai sudah tidak layak untuk digunakan. (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.