Unit KBR-N Sat Brimob Siap Hadapi Suspect Virus Corona

Detasemen Gegana Brimob Polda Bali melaksanakan latihan penanggulangan korban virus Corona, Selasa (4/2/2020).

DENPASAR | patrolipost.com – Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Bali melalui Unit Kimia, Biologi, dan Radioaktif-Nuklir (KBR-N) Detasemen Gegana siap diterjunkan menghadapi suspect virus Corona yang saat ini sedang menghantui masyarakat dunia. Unit yang memiliki kemampuan khusus ini menggelar latihan kesiapsiagaan di Lapangan Iptu Soetardjo Denpasar, Selasa (4/2/2020).

Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di RRT/China  dan ke beberapa negara.

Bacaan Lainnya

Guna mengantisipasi hal tersebut, Satuan Brimob Polda Bali, khususnya Unit KBR-N (Kimia, Biologi, dan Radioaktif-Nuklir) Detasemen Gegana yang memiliki kemampuan khusus dalam menangani bahan berbahaya yang mengandung bahan kimia, biologi dan radioaktif melaksanakan latihan KBRN dalam rangka kesiapsiagaan guna menghadapi merebaknya virus tersebut.

Latihan yang melibatkan 30 personel itu dilaksanakan Selasa 4 Februari 2020  di Lapangan Iptu Soetardjo dipimpin Kasubden KBRN Detasemen Gegana Satbrimob Polda Bali AKP I Wayan Bagiana dan diawasi oleh Wadanden Gegana AKP I Made Sudiantara SH.

Tujuan latihan ini disamping sebagai wujud kesiapsiagaan Unit KBRN Satbrimob Polda Bali sekaligus mengecek kesiapan personel dan peralatan yang dimiliki sehingga jika dibutuhkan Unit KBRN sudah siap untuk melaksanakan tugas.

“Brimob selalu siap jika negara memanggil,” ujar Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Bali Kombes Pol Ardiansyah Daulay SH, MH.

Menurutnya, langkah-langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang berhubungan dengan penyebaran virus Corona di Bali serta kesiapsiagaan Unit KBR-N menghadapi tugas-tugas ke depan.

“Sebab Bali khususnya, merupakan salah satu tujuan dunia pariwisata, dan tentunya kami akan selalu berkoordinasi dengan semua instansi terkait untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan,” tukasnya. (007)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.