Awstar Siap Berkontribusi di Sektor Pariwisata Labuan Bajo

Anggota Asosiasi Angkutan Wisata Darat Labuan Bajo sesaat setelah pengukuhan badan pengurus periode 2020 – 2023.

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Asosiasi Angkutan Wisata Darat (Awstar) Labuan Bajo, Senin (3/1/2020) resmi mengukuhkan diri di Labuan Bajo. Jajaran pengurus periode 2020 – 2023 yang dipimpin Kritoforus Belo Dhake menyatakan siap berkontribusi dalam pembangunan pariwisata Labuan Bajo.

Proses pengukuhan Badan Pengurus Awstar dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Edistasius Endi, Assisten 1 Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat, serta beberapa perwakilan OPD di lingkup Pemda Mabar, perwakilan unsur TNI dan Polri.

Bacaan Lainnya

Salah satu anggota Badan Pendiri Awstar, Rafael Todowela dalam sambutannya menyampaikan, sejak dibentuk pada Oktober 2019, keberadaan Awstar merupakan keinginan dari sopir-sopir taksi pariwisata yang ada di Labuan Bajo dalam menyambut pembangunan yang sedang berlangsung di Labuan Bajo, khususnya industri pariwisata.

Rafael pun melanjutkan, sinergisitas antara pemangku kekuasan di Manggarai Barat sangat dibutuhkan. Ia pula mengharapkan agar pemerintah bisa mempercayakan putra putri daerah dalam mendukung percepatan pelayanan pariwisata.

Sementara itu, Assisten 1 Pemda Mabar, Agustinus Hama yang dalam kegiatan ini mewakili pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, sangat mengapresiasi kehadiran Awstar di Labuan Bajo.

“Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mengapresiasi kehadiran Awstar dalam menangkap peluang pariwisata yang ada di Mabar, yakni melalui jasa angkutan wisata darat,” ujar Agustinus.

Selain itu, Agustinus juga mengimbau agar tiap anggota Awstar dapat mematuhi semua regulasi yang ada.

“Pemerintah berterimakasih dengan wadah ini memudahkan tugas Dinas Perhubungan kami.  Kami minta Awstar tertib dalam bekerja. Khususnya di bandara, agar teman-teman Awstar bisa memarkirkan kendaraannya di tempat parkir bandara yang sudah disiapkan, tidak parkir di badan jalan. Pemerintah juga akan mencari solusi terkait hal ini. Agar semua kebutuhan Awstar bisa dilayani dengan baik,” tutup Agustinus sekaligus mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Ketua Awstar terpilih, Kritoforus Belo Dhake dalam sambutannya menyampaikan beberapa program jangka pendek dari Awstar yang akan segera dilakukan. Di antaranya melakukan musyawarah penetapan tarif minimum angkutan wisata darat terkait dengan penjemputan dari dan ke Bandara, drop off ke hotel, wisata tour setengah hari dan 1 hari dalam Kota Labuan Bajo

Selain itu mensosialisasikan keberadaan Awstar kepada setiap stakeholder, termasuk menjalin kerjasama bidang transportasi angkutan wisata darat dengan PHRI, ASITA, IPI, Askawi, lembaga pemerintahan dan masyarakat luas. Selanjutnya memasyarakatkan organisasi Awstar ke seluruh pelosok Flores dan juga akan bekerjasama dengan pemerintah dalam melayani transportasi public.

Sementara itu Humas Awstar, John Daniel mengharapkan kehadiran Awstar dapat menjadi mitra pemerintah dalam mendukung tumbuh kembang pariwisata Labuan Bajo. Selain itu dirinya juga berharap dengan dilantiknya kepengurusan Awstar ini sekaligus menjadi tanda tetap dipeliharanya nilai kearifan lokal.

“Yang pastinya ini adalah awal sinergitas antara pemerintah dengan Awstar. Awstar merupakan ide dari putra – putra daerah untuk membantu mengembangkan pariwisata di Labuan Bajo, khususnya angkutan wisata darat. Kiranya ke depan yang berkaitan dengan sistem angkutan darat, yang berkaitan dengan sistem angkutan pariwisata, bisa diakomodir melalui asosiasi ini,” ungkap John.

Selain itu, menanggapi rencana kehadiran Grab di Labuan Bajo, John berharap agar pemerintah daerah tetap menjunjung nilai-nilai kearifan lokal dalam menetapkan regulasi yang ada.

“Labuan Bajo adalah rumah bersama, semua bisa bersaing di sini, yang terpenting aturan itu tidak mengesampingkan nilai kearifan lokal dan menggeser nilai-nilai budaya yang sudah dibangun oleh nenek moyang kita,” jelas John.

Adapun Kepengurusan Awstar dengan masa periode 2020 – 2023 ini akan dipimpin oleh Kritoforus Belo Dhake sebagai Ketua. Maksimus Hadun sebagai Ketua 2. Yohanes Agung sebagai Wakil Ketua 1, Melki Resto Sogara sebagai Wakil Ketua 2, Fabianus Jegaut sebagai Sekertaris dan Adrianus Sufandi sebagai Bendahara.

Awstar telah memiliki badan hukum yakni No: AHU-0012398.AH. 01.07 tahun 2019 dan telah terdaftar di Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mabar sebagai assosiasi angkutan darat yang resmi beroperasi di wilayah Kabupaten Manggarai Barat dengan jumlah anggota sebanyak 250 orang. (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar

  1. Mantap. Semoga dengan kehadiran AWSTAR ini, pelayanan penumpang di bandara bisa lebih baik lagi, lebih ramah, lebih sopan, bersih dan teratur, juga harganya jangan sampai tampak tidak seragam yang membuat persaingan tidak sehat antar pemilik moda angkutan.