Bulan Bahasa Bali 2020 Digelar Selama Bulan Februari

  • Whatsapp
Gubernur Bali I Wayan Koster  didampingi Ibu Putri Suastini Koster beserta peserta Nyurat Lontar Bulan Bahasa Bali 2020.

DENPASAR | patrolipost.com – Bulan Bahasa Bali 2020 mengusung tema Melarapan Bulan Bahasa Bali Nyujur Atma Kertih telah dibuka selama sebulan. Kegiatan yang digelar dari 1 sampai 27 Februari 2020 diisi beragam kegiatan di Taman Budaya, Art Center, Denpasar.

Bulan Bahasa Bali merupakan implementasi dari Pergub Nomor 80 tahun 2018 tentang perlindungan dan penggunaan Bahasa, Sastra  dan Aksara Bali.  Bulan Bahasa Bali tahun 2020 telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Bali I Wayan Koster yang dilaksanakan di Gedung Ksirarnawa, Art Center, Sabtu (1/2/2020).

Muat Lebih

Kepala Dinas Provinsi Bali, I Wayan “Kun” Adnyana, mengatakan Pembukaan Bulan Bahasa Bali dimeriahkan sebanyak 2.020 peserta dari kalangan pelajar SMP, SMA/SMK, mahasiswa, dan penyuluh bahasa Bali dengan mengikuti Utsawa (Festival) Nyurat Lontar dan dilanjutkan dengan pagelaran (sesolahan) ‘Prabu Aji Saka’ yang menceritakan lahirnya aksara Bali yang berjumlah 18.

“Ada 14 pagelaran seni budaya, 5 sarasehan yang melibatkan penekun sastra dan penyuluh bahasa Bali, 15 pameran berbasis industri kreatif, pengembangan dan pemajuan bahasa, aksara, dan sastra Bali,” kata Kun Adnyana saat pegelaran Bulan Bahasa Bali, Sabtu (1/2/2020).

Kun Adnyana menerangkan tema yang diusung pada Bulan Bahasa Bali tahun 2020 yakni Melarapan Bulan Bahasa Bali Nyujur Atma Kertih.

Tema tersebut memiliki makna diantaranya dalam 17 ragam wimbakara (lomba), tiga krialoka (lokakarya) dan empat kali widyatula (diskusi) tematik berkaitan dengan tafsir dan referensi kepustakaan mengenai tema atma kertih, dan prasara (pameran) dengan peserta perguruan tinggi, organisasi bahasa, serta perajin.

“Untuk maskotnya adalah Manuk Dewata merupakan burung yang akan mengantar atma ke surga,” ujarnya.

Bulan bahasa Bali menjadi salah satu kegiatan rutin setiap tahunnya guna menumbuhkembangkan dan melestarikan bahasa leluhur di Bali. Selain itu, pada saat penutupan Bulan Bahasa Bali 2020 yang digelar Kamis (27/2/2020), Gubernur Bali akan menyerahkan penghargaan Bali Kerthi Nugraha Mahottama untuk tokoh atau penggiat pengembangan bahasa, aksara dan sastra Bali. (cr02)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *