Sering Tukar Uang Asing, Apriadi Ketahuan ‘Tuyul’ Villa Joggle Lotus

GIANYAR | patrolipost.com – Jajaran Reskrim Polsek Tampaksiring akhirnya mengungkap pelaku pencurian yang meresahkan wisatawan yang menginap di Joggle Lotus Villa, di Desa Pejeng Kawan dalam sebulan terakhir. Tidak jauh-jauh, tuyul-nya (pelaku) adalah pegawai villa setempat, yakni  Kadek Apriadi (24) yang baru sebulan diterima sebagai cleaning service.
Menariknya, identitas Kadek terungkap lantaran sering menukar uang asing di money changer wilayah Ubud. Selama bekerja di villa itu, Kadek mengaku sudah beberapa kali mencuri uang milik wisatawan yang menginap di sana.

Dari keterangan yang diterima, Jumat (27/9) kasus kehilangan uang sering dialamai oleh wisatawan yang menginap di villa tersebut. Korban terakhir, kehilangan uang cukup banyak yakni berupa mata uang asing, 100 Euro, 50 USD atau jika dirupiahkan sekitar Rp 6,9 juta lebih.

Tidak ingin menerima komplin dari tamunya untuk kesekian kalinya, pemilik villa Ni Kadek Temi Ari Cahyani akhirnya melapor ke Mapolsek Tampaksiring.

“Menerima laporan itu, kami mencoba melacak identitas pelaku di beberapa tempat penukaran mata uang asing. Kami akhirnya menemukan identitas Kadek Apriadi (24) ini, yang meruapakan karyawan villa,” ungkap Kapolsek Tampaksiring AKP Gusti Putu Dharma Natha.
Berbekal petunjuk ini, pihaknya pun menginterogasi beberapa karyawan villa. Termasuk Apriadi yang berasal dari Banjar Umanyar, Pejeng Kaja, Tampaksiring. Didatangi petugas, gelagat Apriadi pegawai yang baru sebulan bekerja sebagai cleaning servis ini sangat kentara. Terlebih lagi, pelaku sempat menghindrai petugas dan bergegas masuk ke dalam toilet, lalu berusaha mengilangkan beberapa lembar mata uang asing yang belum ditukarnya.
Namun sayang, lantaran tergesa-gesa itu pula, satu lembar uang asing masih nyangkut di dalam toilet. “Mungkin pelaku bermaksud menghilangkan barang bukti yang masih ada padanya. Saat petugas memeriksa toilet, masih ada selembar uang yang nyangkut,” terang Kapolsek.
Tertangkap tangan membuang uang hasil curian, pelaku pun tidak bisa berkelit lagi sebagai ‘tuyul’ yang selama ini membobol dompet wisatawan yang menginap di villa tersebut. Pelaku pun mengaku sudah beberapa kali melakukan pencurian sejak Agustus lalu. Hasil curiannya dipakai untuk menyicil sepeda motor Scoopy dan celana pendek.
“Barang bukti sudah kami amankan, termasuk sisa uang curian dan nota penukaran uang asing. Pelaku kami jerat pasal 363 KUHP tentang  pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara,” pungkas AKP Dharmanatha. (ata)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.