Hari Pertama Tes CPNS di Labuan Bajo, Agustini Ungguli 489 Peserta

  • Whatsapp
Agustini Juwita Pamung, peserta peraih nilai tertinggi pada pelaksanaan tes SKD CPNS Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (30/01/2020).

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di beberapa daerah digelar Kamis (30/01/2020). Di Labuan Bajo, pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar pada hari pertama diikuti oleh 489 peserta dari total 500 peserta yang dijadwalkan. Terdapat 11 orang peserta yang tidak mengikuti ujian di hari pertama dan otomatis dinyatakan gugur.

Ke-489 peserta ini terbagi dalam 5 sesi. Dengan jumlah maksimal dalam tiap sesi yakni 100 orang peserta dan dibagi dalam 3 ruangan yang berbeda. Setiap peserta mendapatkan waktu sebanyak 90 menit untuk mengerjakan soal sebanyak 100 nomor.

Bacaan Lainnya

Pada tes hari pertama ini, Agustini Juwita Pamung, peserta tes asal Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat berhasil mendapatkan nilai tertinggi. Agustini berhasil memperoleh total nilai akhir 409, dengan nilai TWK 115, TIU 155 Dan TKP 139.

Agustini mengungguli Ernestus Traveli Manase dan Elisabeth Saiman.  Ernestus yang mengikuti tes SKD pada sesi pertama,  memperoleh total nilai akhir 388, untuk masing masing nilai TWK 115, TIU 135 dan TKP 138. Sementara itu Elisabeth Saiman yang mengikuti tes pada sesi ke 2, memperoleh total nilai akhir 374, yakni dengan rincian TWK 100, TIU 135 Dan TKP 139.

Agustini merupakan peserta tes CPNS yang mendaftar pada Formasi Guru IPA di SMP Negri 2 Lembor Selatan. Ia mengikuti tes SKD pada sesi ke-5. Saat ini, Agustini merupakan tenaga pengajar di SMP N 1 Lembor. Dirinya mengaku sangat bahagia dengan hàsil yang diperolehnya pada kali kedua ia mengikuti seleksi CPNS.

“Tentunya sangat merasa senang untuk hàsil hari ini, apalagi saya mendapatkan nilai tertinggi,” ujar Agustini ditemui patrolipost.com saat keluar dari ruangan ujian.

Agustini juga menyebutkan bertindak fokus, tenang dan tidak terburu-buru, menjadi faktor penentu dalam menyelesaikan soal soal SKD kali ini. Selain itu, Ia juga banyak membaca dan mempelajari soal-soal tes SKD tahun lalu, dan mempelajari kisi-kisi dalam mengerjakan soal yang menurutnya banyak diperolehnya dari buku dan internet.

Agustini juga menyebutkan bahwa untuk materi soal pada tes SKD kali ini agak berbeda dengan tahun lalu.

“Kalau dibandingkan tahun lalu, soal tahun ini lebih banyak soal analisa, khususnya TWK, kali TIU-nya masih sama sedangkan untuk TKPnya beda-beda tipis dengan tahun lalu. Lebih ke TWKnya, lebih banyak soal analisis dibanding teori. Kalau tahun lalu kan lebih banyak soal Undang undangnya,” beber Agustini.

Dalam Seleksi Kompetensi Dasar ini terdapat 3 jenis tes, yakni tes karakteristik pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan tes wawasan kebangsaan (TWK).

Jumlah soal keseluruhan Seleksi Kompetensi Dasar adalah 100 soal yang terdiri dari 35 soal TKP, 35 soal TIU dan 30 soal untuk TWK.

Untuk jenis tes TIU dan TWK, setiap soal benar akan mendapatkan nilai 5, dan apabila salah atau tidak menjawab nilainya 0. Sementara untuk penilaian materi soal TKP, nilai jawaban terendah adalah 1 dan nilai tertinggi adalah 5 dan jika tidak menjawab nilainya 0.

Dengan demikian, nilai kumulatif maksimal yang dapat diperoleh peserta SKD CPNS 2019 adalah 500 dengan rincian nilai maksimal TKP 175, TIU 175 dan TWK 150. (334)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *