Ratusan Ikan Terapi Tradisional di RSU Bangli Hanyut Terbawa Air Hujan   

  • Whatsapp
Kondisi kolam yang kosong pasca ikan untuk terapi hanyut saat hujan pada Layanan Kesehatan Tradisional di RSU Bangli.

BANGLI | patrolipost.com – Belum lama ini RSU Bangli membuka unit Layananan Kesehatan Tradisional (Yankestrad). Layanan yang memiliki beberapa sub unit layanan. Selain itu  untuk memanjakan pengunjung disediakan pula terapi ikan.

Adapun jenis ikannya adalah Garra Rufa yang didatangkan  khusus dari Surabaya. Namun sayang dari ratusan ikan yang ditaruh di dalam tiga kolam kecil, kini masih tersisa tiga ekor saja. Praktis  sejak sebulan, terapi ikan tidak dibuka lagi.

Muat Lebih

Menurut salah seorang petugas di ruang Yankestrad, sudah sejak sebulan layanan terapi ikan ditutup. Pasalnya, ikan untuk terapi hanyut dibawa air hujan. Untuk terapi ikan ditampung dalam tiga kolam kecil dan jumlah ikanya ratusan ekor. Hujan yang terjadi sebulan lalu membuat air kolam penuh dan pada akhirnya ikan–ikan itu hanyut ke selokan dekat kolam.

“Dari ratusan ekor ikan di kolam, yang masih tersisa hanya tiga ekor saja,” ungkap petugas, Rabu (29/1/2020).

Terpisah Direktur RSU Bangli dr Nyoman Arsana saat dikonfirmasi membenarkan kalau ikan untuk terapi pada Layanan Kesehatan Tradisional hanyut  saat hujan sebulan lalu. Nyoman Arsana memastikan akan melakukan pengadaan ikan untuk terapi jenis Garra Rufa.

“Untuk ikan didatangkan dari Surabaya,” jelasnya. Sementara itu untuk pengadaan sendiri masih menunggu penganggaran. Pasalnya, kejadian hanyutnya ikan-ikan ini setelah perencanaan program rumah sakit dibuat.

Menurutnya, Layanan Kesehatan Tradisional merupakan sebuah unit layanan unggulan dari RSU Bangli, maka pihaknya memilki komitmen memajukan unit  layanan tersebut.

Layanan  meliputi Sub Unit Ramuan, Sub Unit Keterampilan, dan Sub Unit Khusus. Kemudian untuk sub unit ramuan meliputi layanan kesehatan tradisional berupa jamu-jamu-an. Untuk jamu yang disediakan ada beberapa macam, yang diperuntukan untuk penangan 11 penyakit.

Sementara itu, untuk Sub Unit Keterampilan meliputi akupuntur, akupresur, spa ibu hamil dan bayi. Sedangkan untuk Sub Unit Khusus meliputi yoga dan meditasi. ”Ke depannya Yakestrad  bisa menjadi sebuah icon RSU Bangli,” sebut Gede Arsana. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *