RSUP Sanglah Denpasar Siaga Hadapi Suspect Virus Corona

Direktur Utama RSUP Sanglah, dr  I Wayan Sudana MKes menjelaskan kesiagaan RSUP Sanglah Denpasar menghadapi wabah virus Corona.

DENPASAR | patrolipost.com – Bali menjadi salah satu destinasi pariwisata dunia, yang silih-berganti dikunjungi wisatawan. Merebaknya virus Corona di berbagai negara, meningkatkan kewaspadaan institusi pelayanan kesehatan di Bali, khususnya di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar.

Direktur Utama RSUP Sanglah, dr  I Wayan Sudana MKes menjelaskan, RSUP Sanglah sudah siap menangani jika ada pasien suspect virus Corona.

Bacaan Lainnya

“Kita sudah siap meliputi persiapan sarana prasarana mulai gedung kita siapkan khusus, SDM kita sudah siap, Dokter spesialis serta keperawatan kita terlatih dan tenaga pendukung lainnya sudah siap menangani terkait virus Corona ini,” kata dr I Wayan Sudana kepada media di RSUP Sanglah Denpasar, Selasa (28/1/2020).

Bahkan di RS Sanglah dari tahun 2010 sudah tersedia sejumlah ruangan khusus untuk merawat atau menangani pasien yang memiliki kasus infeksi terhadap saluran pernafasan.

“Ada 4 ruang yang siap digunakan untuk saat ini, tapi akan kita siapkan lagi jika kasusnya dengan jumlah yang besar. Kita siap dengan fasilitas yang ada,” ujarnya.

I Wayan Sudana menerangkan, untuk ruang perawatan tersebut dikhususkan untuk menangani 1 pasien, agar fokus dalam penanganannya. Ruang khusus ini tidak hanya digunakan untuk mengatasi pasien terdampak virus Corona, tetapi siap menangani penyakit berbahaya lainnya termasuk flu babi dan flu burung.

Sementara itu, ada 8 pasien yang ditangani RSUP Sanglah diduga terjangkit virus Corona, namun setelah dilakukan uji laboratorium, keseluruhannya dinyatakan negatif atau tidak terkena suspect virus Corona.

“Dua orang masih di rawat lantaran  kondisinya flu dan drop, tapi kondisinya sudah membaik saat ini. Kemungkinan sebentar lagi sudah diperbolehkan pulang,” imbuhnya.

Sudana meminta kepada masyarakat untuk tidak khawatir atau panik karena dipastikan bahwa di RSUP Sanglah, belum ada pasien yang positif terinfeksi virus Corona. Namun, masyarakat harus tetap waspada terhadap virus yang berkembang dari Provinsi Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) tersebut. (cr02)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.