Aksi Mahasiswa Berlangsung Damai, Polres Buleleng Berterimakasih

SINGARAJA | patrolipost.com – Aksi demo Aliansi Pemuda Indonesia (API) Buleleng ke kantor DPRD Buleleng, Kamis (26/9) berlangsung damai. Tujuan aksi yakni menyampaikan aspirasi kepada perwakilan rakyat tercapai, di sisi lain situasi keamanan dan kenyamanan masyarakat tetap terjaga. Hal ini mendapat apresiasi positif dari pihak keamanan, Polres Buleleng.

Kabag Ops Polres Buleleng Kompol AA Wiranata Kusuma menyatakan, proses aksi damai Aliansi Pemuda Indonesia (API) Buleleng berlangung tertib dan memenuhi aturan. Pada pengamanan aksi mahasiswa dan pemuda itu, Polres Buleleng melibatkan personel pengamanan sebanyak 125 orang.

“Personel yang disiapkan untuk menjaga aksi ini sebanyak 125 orang dan ada on call kita siagakan di Mako. Saya harap aksi ini menjadi contoh karena telah berlangsung tertib dan mengikuti aturan yang ada,” ucapnya.
Adapun poin-poin tuntutan yang disampaikan dalam seruan aksi damai melayat ke DPRD Buleleng Singaraja menggugat, yakni:

(1) Tolak segala revisi UU melemahkan demokrasi
(2) Mendesak Presiden dan DPR merevisi UU KPK yang baru saja disahkan dan menolak segela bentuk pelemahan terhadap KPK.
(3) Mendesak presiden segera mengeluarkan Perpu untuk membatalkan UU KPK
(4) Menuntut dan mendesak Makamah Konstitusi (MK) untuk melakukan uji materi (Judicial Review) terhadap hasil-hasil revisi UU KPK
(5) Menolak disahkannya RUU KUHP dan menuntut serta mendesak adanya penundaaan untuk melakukan pembahasan ulang terhadap pasal-pasal yang bermasalah dalam RUU KUHP
(6) Mengecam tindakan refresif oknum aparat kepolisian terhadap pemuda dan mahasiswa yang melakukan aksi. Mengimbau agar pihak kepolisian membebaskan dan menghentikan penangkapan terhadap aktivis yang sedang menyerukan aspiransinya di berbagai daerah. (war)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.