Pilkada Bangli: Tiga Parpol Mulai Rapatkan Barisan Bangun Koalisi

Wakill Ketua DPC Hanura Bangli, I Made Madra.

BANGLI | patrolipost.com – Tiga partai politik (parpol) yakni Nasdem, Demokrat dan Hanura mulai merapatkan barisan membangun koalisi bersama. Dengan akumulasi 6 kursi yakni Nasdem dengan raihan 2 kursi, Hanura 1 kursi dan Demokrat 3 kursi  praktis dapat mengusung calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada nanti.

Arah  membangun koalisi setelah dilakukan  pertemuan para elit parpol di seputaran Kota Bangli, Minggu (26/1).  Pertemuan dihadiri oleh  Ketua DPW Nasdem Bangli, Jro Tindih, Wakil Ketua DPC Hanura Bangli,  Made Madra dan Sekretaris Made Laksana  serta Pengurus DPD Partai Demokrat Bali, Ida Bagus Astawa Merta. Dengan dibangunnya koalisi ini, dipastikan akan ada tiga paket calon yang akan bertarung dalam Pilkda yang dihelat bulan September 2020 nanti.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua DPC Made Madra saat dikonfirmasi membenarkan telah berlangsung pertemuan lintas partai dalam kaitannya untuk membangun koalisi. Sebut Made Madra, dengan dilandasi persepsi yang sama yakni membanguan Bangli lebih maju ke depannya hasilnya sepakat membangun koalisi.

“Hasil pertemuan kemarin akan ditindaklanjuti dengan  melaporkan ke masing-masing DPD dan DPP,” kata  Made Madra .

Sebut Madra, nantinya tidak menutup kemungkinan parpol lain akan ikut bergabung dalam koalisi lintas parpol ini.

“Sudah barang tentu  hal tersebut yang kami harapkan. Dengan semakin banyaknya parpol ikut berkoalisi tentu akan semakin solid perjuangan dalam Pilkada nanti,” jelas politisi asal Banjar Pule, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli ini.

Disinggung  untuk calon yang akan diusung, Made Madra mengatakan untuk calon yang diusung masih berproses. “Yang jelas calon yang diusung nantinya  tentu memiliki elektabilitas dan popularitas serta SDM yang mumpuni. Partai koalisi tentu tidak ingin mengusung  calon asal-asalan  tapi juga melihat kapasitas dari calon yang diusung,” tegas Made Madra.

Sementara kemungkian besar calon yang dibidik partai koalisi adalah paket Ida Bagus Giri Putra dan Sang Putu Putra Erawan. Ida Bagus Giri Putra adalah Sekda Bangli, sedangkan Sang Putu Putra Erawan adalah mantan Perbekel Awan, Kintamani.

Walaupun paket IB Giri Putra dengan Sang Putu Putra Erawan mendaftar di Golkar, tapi peluangnya meraih rekomenndasi sangat kecil. Pasalnya, jauh-jauh hari Ketua DPD Golar Bangli, Sumajaya Linggih dalam statemennya mengatakan  Golkar dalam Pilkada lebih mengutamakan calon dari kader.

Jika koalisi terbanguan akan ada tiga paket calon yang bertarung yakni paket  dari PDIP (Sang Nyoman Sedana Arta dan I Wayan Diar), Golkar (Made Subrata  dan Nagkan Made Kuta Parwatha) partai koalisi (IB Giri Putra dan Sang Putu Putra Erawan) dan diprediksi pertarungan akan berlangsung sengit karena masing-masing calon memiliki pendungkung fanatik. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.