Klenteng Ling Gwang Kiong Singaraja Bersolek Jelang Imlek

Warga Tionghoa melakukan persiapan jelang tahun Imlek 2571 di areal Klenteng Ling Gwang Kiong di eks Pelabuhan Buleleng.

SINGARAJA | patrolipost.com – Menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2571 yang jatuh pada 25 Januari 2020, warga Tionghoa Singaraja melakukan persiapan di tempat persembahyangan seperti Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD) Ling Gwan Kiong, Singaraja. Sejumlah pengurus terlihat mempercantik klenteng untuk menyambut warga yang hendak bersembahyang di klenteng yang berlokasi di eks Pelabuhan Buleleng itu.

Wirasanjaya, Pengurus  Ling Gwan Kiong menjelaskan, sebetulnya perayaan Tahun Baru Imlek 2571 sudah dimulai saat menggelar acara sembahyang Dewa Naik pada 17 Januari 2020.

Bacaan Lainnya

Menurut pria yang akrab disapa Cong San ini, pada Jumat (24/1) dilanjutkan dengan pelaksanaan sembahyang bersama dimulai pagi dan dilanjutkan pada malam hari dengan menampilkan kesenian barongsai.

“Sekitar pukul 23.59 Wita yang mulai masuk tanggal 25 Januari 2020 dilaksanakan sembahyang menyambut tahun baru. Dilanjutkan dengan pelepasan balon bersama, kembang api dan barongsai sebagai tanda memasuki Tahun Baru Imlek 2571,” sambungnya.

Cong San menyebut, upacara sembahyang di klenteng Ling Gwang Kiong akan diikuti ribuan umat Tionghoa dari Buleleng dan sekitarnya termasuk warga asal Buleleng yang tinggal di luar.

“Biasanya warga Tionghoa yang tinggal di luar Buleleng seperti Denpasar juga akan pulang untuk sembahyang di klenteng ini,” ujarnya.

Cong San berharap di tahun baru Imlek 2571 dengan shio tikus logam menjadi harapan dan kehati-hatian. Karakteristik shio ini kata Cong San, berhati-hati dalam berfikir dan melihat situasi.

“Tahun ini bermakna lebih waspada dan berharap ekonomi semakin membaik dibanding  tahun sebelumnya,” tandasnya. (625)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.