Atasi Hama Tikus, Dua Subak Dipasangi Rumah Burung Hantu

Pemasagan rubuha di Subak Apuan Kaja, Rabu (22/1/2020).

BANGLI | patrolipost.com – Menghalau serangan hama tikus, dua subak yakni Subak Apuan Kaja, Desa/Kecamatan Susut dan Subak Sidembunnut Munggu, Kelurahan Cempaga, Kecamatan Bangli di pasangan rumah burung hantu (Rubuha), Rabu (22/1/2020). Masing-masing rubuha akan diisi sepasang burung hantu. Pemasangan rubuha juga untuk mengurangi pemanfaatan non organic dalam memberantas serangan hama terutama tikus.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli, I Wayan Sarma menjelaskan, pemasang rubuha merupakan salah satu cara menekan serangan hama tikus yang selama ini cukup meresahkan para petani. Burung hantu yang diletakkan di areal persawahan dapat menekan hama tikus.

Bacaan Lainnya

“Ini salah satu alternatif menekan populasi hama tikus, selain itu juga dapat mengurangi penggunaan produk non organik,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Wayan Sarma, pemasangan rubuha baru di dua subak yakni Subak Sidembunut Munggu dan Subak Apuan Kaja. Dipilihnya dua lokasi ini karena dua subak ini tergolong luas di Bangli. Subak Apuan Kaja acap kali diserang hama tikus. Banyak hama tikus, salah satunya disebabkan karena kurangnya sanitasi, kemudian dipengaruhi keberadaan kandang ayam.

“Tadinya tikus mencari makan di seputaran kadang, setelah panen kadang kosong. Jadi tidak ada sisa pakan, otomasi tikus lari ke sawah,” sebutnya.

Wayan Sarma menyampaikan, pemasangan rubuha di dua subak ini atas dukungan dari pemerintah provinsi. Jika ke depannya pemasangan rubuha dapat menekan serangan hama tikus, tentunya akan dikembangkan lagi di subak lainnya yang ada di Bangli.

“Jika hasilnya bagus, maka bisa diterapkan di subak lainnya. Memang pola ini sudah diterapkan di Tabanan dan hasilnya bagus. Harapan kami ini juga berhasil di Bangli,” ujarnya sembari mengatakan jika hasil bagus, dinas tentunya akan mengupayakan  pengadaan burung dan kandangnya.

Di sisi lain, selama ini para petani mengatasi serangan hama tikus dengan cara pengasapan dan, penggropyokan. Serangan hama tikus sangat merugikan para petani, lantaran serangan hama, petani sampai gagal panen. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.