PLN ‘Kawal’ Kegiatan Jokowi di Labuan Bajo

Tim Teknis PLN saat memantau pasokan listrik di Dermaga Multipurpose di Menjerite, Senin (20/01/2020).

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Setelah Juli 2019 lalu, Presiden RI Joko Widodo kembali mengunjungi Kota Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur, 20-22 Januari 2020. Kedatangan RI 1 kali ini meninjau pembangunan terminal multipurpose Labuan Bajo, kawasan Puncak Waringin, serta meresmikan sarana pendukung pariwisata.

Di balik kunjungan kerja (kunker) Presiden ke Labuan Bajo, PT PLN (Persero) Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur terus siaga pengamanan pasokan listrik dalam menyukseskan acara kunjungan kerja tersebut. Pada kunker Presiden Republik Indonesia kali ini, PLN telah mengamankan suplai listrik di titik-titik lokasi penting antara lain di Bandara Komodo, Hotel Ayana, Hotel Inaya Bay Komodo, Atlantis Komodo Resort, Plataran Komodo, Kantor Bupati, Rencana Pelabuhan Multifungsi – Waeklambu, dan Puncak Waringin.

Bacaan Lainnya

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur Ignatius Rendroyoko menyampaikan, Labuan Bajo sudah ditunjuk RI 1 menjadi kawasan wisata super prioritas/ premium yang artinya, PLN harus siap mengamankan pasokan listrik cukup, handal, dan berkualitas. Sebab, suplai listrik akan menjadi penyangga pertumbuhan perekonomian  di kawasan ini.

“Dengan tambahan sebagai salah satu destinasi Bali Baru seperti di Labuan Bajo ini, tentunya PLN harus bisa membangun infrastruktur kelistrikan dengan kapasitas dan kontinuitas yang prima dan mengoperasikan layanan ketenagalistrikan yang sempurna di Kawasan Super Premium,” tambah Rendroyoko.

Dalam tiga hari ini PLN sudah berhasil mengamankan pasokan listrik di Lokasi Bandara Komodo dengan suplai utama penyulang bandara sebesar 865 KVA, cadangan Penyulang Sylvia dan Genset 650 KVa, kedua, Hotel Ayana dengan suplay utama Penyulang Sylvia daya 1,11 MVA, cadangan penyulang bandara dan Genset 700 KVA, ketiga Hotel Inaya Bay Komodo dengan supply utama Penyulang Marina (555 KVA) cadangan penyulang kampung ujung dan Genset 1.500 KVa.

Berikutnya, keempat Atlantis Komodo Resort dengan supply utama 105 KVA, cadangan Penyulang Nanganae dan Genset 100 KVa, kelima Plataran Komodo dengan supply utama Penyulang Sylvia daya 197 KVA, cadangan Penyulang Kampung Ujung, Mobile UPS 100 KW dan Genset 200 KVA, keenam Kantor Bupati dengan supply utama penyulang Bupati daya 105 KVA, cadangan Penyulang Bandara dan Genset 250 kVA, ketujuh Pelabuhan Waeklambu dengan supply utama Genset 100 KVA dan kedelapan Puncak Waringin dengan Genset 3500VA.

Diketahui Sistem Kelistrikan Manggarai dipasok oleh beberapa pembangkit yaitu PLTMG Rangko dan PLTP Ulumbu melalui jaringan transmisi 70 KV. Selain kedua pembangkit ini, masih ada mesin diesel PLN yang dapat memberikan backup apabila terjadi gangguan pasokan tenaga listrik dari PLTMG Rangko dan PLTP Ulumbu.

Turut mendampingi Presiden RI antara lain, Mensesneg Pratikno bersama Istri, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Pariwisata Wisnutama, Wakil Menteri ATR BPN Surya Tjandra, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Kepala BNPP Marsdya TNI Bagus Puruhito, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto. (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.