Presiden Jokowi Pantau Proyek Pembangunan Nasional di Labuan Bajo

Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri berada di kawasan Puncak Waringin, saat memberikan keterangan terkait proyek pembangunan nasional di Labuan Bajo, Senin (20/01/2020).

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo bersama Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo mengunjungi Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Minggu (19/01/2020).

Dalam kunjungan selama 3 hari, Jokowi bersama sejumlah menteri memantau beberapa proyek pembangunan nasional, diantaranya proyek pembangunan pelabuhan multipurpose yang terletak di Menjerite, Kelurahan Wae Kelambu, proyek pembangunan kawasan souvenir di Puncak Waringin serta meresmikan proyek pembangunan kawasan strategis Marina Labuan Bajo.

Bacaan Lainnya

Diketahui, pelabuhan multipurpose yang akan dibangun berfungsi sebagai pelabuhan khusus kargo dan curah cair. Pelabuhan ini akan dibangun oleh PT Pelindo III (Persero) dan dilengkapi lapangan penumpukan peti kemas. Dermaga ini rencananya akan dapat disandari kapal berkapasitas 25.000 DWT.

Sementara itu, untuk proyek pembangunan di Puncak Waringin akan meliputi tempat wisata, tempat souvenir, tempat kuliner dan ruang untuk santai. Tahap awal pembangunan ini dimulai pada bulan Agustus tahun 2019 dan dijadwalkan selesai akhir tahun 2019 yang lalu. Untuk pembangunan tahap 1 ini dana yang telah dikucurkan sekitar Rp 8,8 miliar. Saat ini pembangunan telah memasuki tahap kedua dan direncanakan akan rampung pada akhir tahun 2020.

Kepada awak media, di sela-sela memantau perkembangan pembangunan kawasan souvenir di Puncak Waringin, Jokowi mengharapkan semua program pembangunan yang ada di Labuan Bajo dapat rampung pada tahun ini.

“Akhir tahun ini akan rampung semua. Pelabuhan yang baru akan selesai semuanya. Revitalisasi pelabuhan yang lama sampai ujung juga akan selesai semuanya. Pembangunan di Puncak Waringin ini juga akan selesai semuanya. Landscape dari kota ini juga akan diubah dengan diperbanyak tanaman tanaman bunga-bunga flamboyan, tabebuya, bougenvile. Semuanya. Ini akan berubah akhir tahun. Termasuk Goa Batu Cermin, ini juga menjadi target dari pemerintah,” jelas Jokowi.

Setelah memantau proyek pembangunan kawasan Souvenir di Puncak Waringin, Presiden Jokowi bersama beberapa menteri terkait, yakni Menteri BUMN Eric Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, serta didampingi Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Bupati Manggarai Barat Agustinus CH Dula, bertolak ke kawasan Marina Labuan Bajo. Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi juga meresmikan kawasan startegis ini.

Beberapa proyek pembangunan yang telah diselesaikan di Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo ini meliputi hotel bintang 5, yakni Inaya Bay dan area komersial. Sementara untuk proyek pembangunan tempat parkir kapal yacht dan beach club, pengembangan dermaga dan terminal penyeberangan, proses pembangunan sedang berlangsung.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara dijadwalkan akan berada di Labuan Bajo hingga Selasa (21/01/2020) hari ini. Sebelum bertolak kembali ke Jakarta, Presiden dijadwalkan menyerahkan sertifikat tanah gratis bagi masyarakat yang akan digelar di halaman Kantor Bupati Manggarai Barat. (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.