Ulayat Mendukung Pembangunan Dermaga Peti Kemas di Manggarai Barat

Suasana saat rapat terbatas yang berlangsung di ruangan kerja Bupati Manggarai Barat, Jumat (18/1/2020).

LABUAN BAJO | patrolipiost.com – Presiden Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi Labuan Bajo, Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur (NTT), hari ini Minggu 19 Januari 2020. Dalam kunjungan kali kedua semenjak dilantik, Presiden Jokowi dalam agenda kunjungannya meresmikan proyek Dermaga Peti Kemas, yang terletak di Menjerite, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat.

Untuk itu sejumlah ulayat yang ada di Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, menyatakan dukungannya kepada pemerintah terkait pembangunan dermaga Peti Kemas tersebut. Dukungan ini disampaikan dalam rapat terbatas di ruangan kerja Bupati Manggarai Barat, Jumat, (17/01/2020). Hadir dalam rapat ini Bupati Agustinus CH Dula, Kapolres Manggarai Barat AKBP Handoyo Santoso serta beberapa ulayat, yakni Ulayat Nterlaing, Ulayat Tebedo, Plt Camat Boleng. Diketahui salah satu ulayat yang juga sempat diundang, yakni Ulayat Mbehal, tidak hadir dalam rapat ini.

Bacaan Lainnya

Alex Hatta, salah satu tokoh masyarakat Tebedo pun memberikan dukungan kepada pemerintah.

“Saya rasa sudah sangat jelas sesui dengan rapat tanggal 06/01/2020. Ulayat Nterlaing dan Tebedo sepakat dan mendukung proyek pemerintah dalam pembangunan dermaga Peti Kemas. Ini sudah clear. Pak Jokowi harus hadir di lokasi tanpa harus ada permasalahan. Menyangkut pengklaiman hak dari kami, itu ada waktunya nanti,” jelas Alex Hatta.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Ulayat Nterlaing, melalui pengacara mereka, Benediktus Janur.

“Sesuai rapat terakhir (06/01/2020) kami mendukung proyek pemerintah terkait pembangunan dermaga Peti Kemas di Menjerite,” tuturnya.

Namun, Benediktus juga menyarankan pemerintah, dalam hal ini pemerintah daerah agar sesegera mungkin menyelesaikan sengketa kepemilikan lahan tempat dibangunnya dermaga Peti Kemas tersebut. Mengingat polemik sengketa kepemilikan ini sudah berlangsung lama.

Sementara itu, Kapolres Manggarai Barat AKBP Handoyo Santoso dalam rapat tersebut meminta semua masyarakat Manggarai Barat, lebih khusus kepada tokoh masyarakat dari pihak-pihak yang mengklaim memiliki hak kepemilikan lahan di atas lahan pembangunan dermaga Peti Kemas tersebut untuk ikut menyukseskan kunjungan Presiden Jokowi di lokasi tersebut.

“Kami mengimbau kepada semua warga Manggarai Barat, lebih khusus kepada setiap tokoh adat dan kepala desa yang ada di Kecamatan Boleng untuk ikut mengajak warganya agar turut mendukung kehadiran Pak Presiden di Labuan Bajo dan ikut menyukseskan setiap kegiatan Bapak Jokowi selama berada di Labuan Bajo,” pinta AKBP Handoyo. (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.